📃 Suara Minangkabau

📋 Rani Jambak

Penciptaan Karya Kreatif Inovatif
Diajukan Rp 55.460.000
November - Desember 2020
Disetujui Rp 55.460.000
ranijambakmusic@gmail.com

Profil Kegiatan

"Suara Minangkabau" adalah sebuah projek musik kreatif dalam menikmati suara yang dihasilkan oleh Alam Minangkabau dari perspektif wilayah kebudayaan. Adapun wilayah Alam Minangkabau yang dimaksud dalam kesatuan geografis, politik, sejarah, ekonomi dan sosial, adalah “Dare” (darat), “Pasisia” (pesisir), dan Rantau. “Suara Minangkabau” menjadi sebuah alternatif dalam mempelajari sejarah dan budaya Minangkabau.

 

Melalui pemahaman wilayah budaya tersebut, generasi tua akan mengingat kembali memori mereka tentang Minangkabau dan bagi generasi muda, akan menjadi sebuah pengetahuan yang mungkin belum pernah mereka ketahui. Pengenalan sejarah dan budaya Minangkabau bagi generasi muda, tentu saja sejalan dengan tujuan Pemajuan Budaya dalam penguatan karifan lokal yang tidak hanya mengangkat nilai sejarah, namun juga berelaborasi dengan modernisasi. Di masa depan, projek ini juga menjadi sebuah usaha dalam merekam, mendata, mendokumentasikan suara di Minangkabau yang akan menjadi sebuah referensi sejarah dan perkembangan budaya.

Profil Penerima

Rani Jambak menyelesaikan sekolah Master pada 2018 di Macquarie University, Australia di jurusan Creative Industries melalui beasiswa LPDP. Dalam karir musiknya, Rani suka mengembangkan idiom-idiom tradisi dengan pendekatan elektronik dan penciptaan musik kreatif dengan Soundcapes. Rani juga terus mengembangkan kampanye lingkungan dengan musik #formynature bekerjasama dengan NGO.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Komplek Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Jalan Jenderal Sudirman, Senayan
Jakarta Pusat, 10270
Saluran Informasi

Telepon 021 5703303/57903020 ext. 2115
Faksimili 021 57333125
Email kebudayaan@kemdikbud.go.id