📃 Aplikasi Buku Cerita Anak Nusantara dengan Teknologi Augmented Reality (AR)

📋 Ni Putu Desy Damayanthi

Penciptaan Karya Kreatif Inovatif
Diajukan Rp 397.100.000
Oktober - Desember 2020
Disetujui Rp 172.800.000
desy.damayanthi91@gmail.com

Profil Kegiatan

Karya dari kegiatan ini yaitu aplikasi buku cerita anak berbasis android dengan memanfaatkan teknologi Augmented Reality. Teknologi ini dipilih karena mampu menghasilkan karakter dan objek yang muncul dan bergerak diatas sebuah gambar pada buku sehingga dapat meningkat daya tarik pada konten buku yang disajikan, khususnya bagi anak-anak. Teknologi ini juga dapat dipadukan dengan suara layaknya mendongeng dan menambahkan musik / audio yang akan meningkatkan daya tarik dan interaktif konten. Aplikasi ini dikembangkan di kota Denpasar, Bali yang dimulai pada bulan Oktober sampai dengan Desember tahun 2020.

 

Kegiatan dimulai dari survei naskah cerita anak yang mengangkat tentang kebudayaan dan sejarah Indonesia. Cerita anak ini harus memiliki konten yang baik, mudah diterima anak dan memiliki daya tarik bagi anak-anak. Naskah yang terpilih kemudian masuk ke tahap editing untuk disempurnakan dalam bentuk ejaan, tanda baca, maupun struktur kalimatnya. Setelah tahap editing, naskah diilustrasikan secara digital menyesuaikan isi naskah cerita. Setelah tahap ilustrasi selesai, tahapan dilanjutkan dengan pengisian suara untuk tokoh-tokoh yang berperan dalam cerita. Tokoh-tokoh dan objek lain seperti pohon, batu, dll pada cerita kemudian dibuat ke bentuk aset digital 3d. Proses dilanjutkan dengan pembuatan animasi yang menyesuaikan dengan gambar masing-masing halaman buku cerita dan disesuaikan dengan audio pengisi suara. Setelah semua aset digital selesai, tahapan dilanjutkan ke tahap pemrograman yang mana dimulai dari pembuatan UI aplikasi, pembuatan algoritma pemrosesan Augmented Reality, testing aplikasi dan perbaikan. Setelah aplikasi dapat menampilkan tokoh cerita yang tampak secara nyata, bergerak, dan bersuara serta dilengkapi dengan suara narator yang mendongengkan cerita, aplikasi kemudian diajukan ke Google untuk dapat di-review dan di-publish pada Google Play Store sehingga pengguna dapat dengan mudah mengunduh aplikasi ini.

 

Kegiatan ini diakhiri dengan sosialisasi aplikasi yang dihadiri oleh guru-guru, penggiat literasi, dinas kebudayaan, dan balai bahasa di kota Denpasar, Bali. Dari kegiatan sosialisasi ini diharapkan informasi aplikasi buku cerita anak berbasis android dengan memanfaatkan teknologi Augmented Reality dapat disebarluaskan kepada masyarakat dan tentunya digunakan oleh anak-anak.

Profil Penerima

Ni Putu Desy Damayanthi, S.Pd., M.Pd. lahir di Jembrana pada tanggal 27 Desember 1991. Desy menamatkan dirinya pada bidang studi S2 Pendidikan Bahasa di Universitas Pendidikan Ganesha di tahun 2016. Kini Desy menjadi tenaga pengajar di perguruan tinggi swasta berbasis IT di Bali. Kecintaannya pada dunia anak membuat Desy aktif dalam dunia menulis buku cerita anak dan kegiatan sosial yakni menjadi volunter di komunitas mengajar 1000 Guru Bali.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Komplek Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Jalan Jenderal Sudirman, Senayan
Jakarta Pusat, 10270
Saluran Informasi

Telepon 021 5703303/57903020 ext. 2115
Faksimili 021 57333125
Email kebudayaan@kemdikbud.go.id