📃 Allirita (Platform Pelestarian Kebudayaan dan Tradisi Lisan Kabupaten Wajo)

📋 Yayasan Budaya Wajo

Penciptaan Karya Kreatif Inovatif
Diajukan Rp 178.950.000
15 Oktober 2020 – 5 Desember 2020
Disetujui Rp 178.950.000
yayasanbudayawajo29@gmail.com

Profil Kegiatan

ALLIRITA adalah platform kebudayaan dan aplikasi android yang berfokus pada tradisi lisan Kabupaten Wajo. Platform dan aplikasi ini diinisiasi oleh sekelompok mahasiswa asal Kabupaten Wajo yang berafiliasi dengan Yayasan Budaya Wajo demi mendorong penyelesaian salah satu masalah kebudayaan. Yakni masalah pelestarian tradisi lisan yang tertera dalam Daftar Masalah Umum PPKD Kabupaten Wajo. Program ini dilaksanakan demi menyukseskan upaya pemajuan kebudayaan di Indonesia. Adapun seluruh rangkaian kegiatan dilaksanakan selama 3 bulan yakni sejak bulan Oktober hingga Desember 2020. Sebagai platform kebudayaan, ALLIRITA’ melakukan penyebaran informasi melalui akun instagram @alliri.ta.

 

Informasi-informasi mengenai kebudayaan khususnya Bugis Wajo dibagikan oleh tim pengelola. Selanjutnya, terdapat aplikasi android bernama ALLIRITA’ yang telah tersedia di playstore. Aplikasi tersebut memuat tradisi lisan berupa video musik yang dilantunkan oleh penutur/maestro, cerita masyarakat Bugis-Wajo yang ditampilkan dalam bentuk animasi, beserta kuis berupa pertanyaan-pertanyaan seputar tradisi lisan. Informasi dan data-data yang tersaji pada instagram maupun aplikasi berasal dari hasil penelitian, wawancara, dan riset mengenai tradisi lisan di Wajo. Pengolahan data seperti informasi-informasi kebudayaan disajikan dalam bentuk microblog di Instagram. Sementara data yang berfokus pada tradisi lisan disajikan hanya di dalam aplikasi ALLIRITA’. Pengolahan cerita masyarakat Bugis-Wajo kedalam bentuk animasi maupun video music tradisi lisan di upload kedalam aplikasi secara berkala.

Profil Penerima

Yayasan Budaya Wajo (YBW) berkedudukan di Jl. Masjid Raya No. 6 Sengkang, Kec.Tempe, Kab. Wajo, Prov. Sulawesi Selatan adalah suatu lembaga yang mempunyai maksud dan tujuan dibidang sosial dan budaya. Pelaksanaan Pelestarian tradisi lisan dalam hal pembuatan aplikasi Kebudayaan. Dalam hal ini YBW bekerjasama dan menaungi beberapa anak muda yang berdomisili di Kabupaten Wajo untuk melestarikan kebudayaan tradisi lisan di Kabupaten Wajo.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Komplek Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Jalan Jenderal Sudirman, Senayan
Jakarta Pusat, 10270
Saluran Informasi

Telepon 021 5703303/57903020 ext. 2115
Faksimili 021 57333125
Email kebudayaan@kemdikbud.go.id