📃 Backstage to Frontstage Teknik-teknik Adegan Hantu Kelompok Sandiwara Miss Tjitjih

📋 Dina Febriana

Penciptaan Karya Kreatif Inovatif
Diajukan Rp 472.425.000
28 November 2020
Disetujui Rp 347.966.000
adhedcf0902@gmail.com

Profil Kegiatan

Mencoba mengangkat dan membaca kembali arsip-arsip teknik adegan hantu Miss Tjitjih, baik teknik pertunjukan yang sudah lama tidak dimainkan maupun pertunjukan yang masih mereka mainkan belakangan ini. Teknik-teknik tersebut adalah sebuah proses yang berlangsung dibalik panggung dalam adegan-adegan hantu pertunjukan , sebagai bagian juga dari kekayaan artistik yang dimiliki oleh Kelompok Sandiwara Miss Tjitjih.  Dan dalam konteks pertunjukan ini, proses kolaborasi menjadi sebuah strategi, khususnya terkait dengan pertunjukan arsip teknik-teknik adegan hantu oleh Kelompok Sandiwara Miss Tjitjih. Adapun yang terlibat dalam pertunjukan ini adalah para aktor, sutradara, dan para teknisi Kelompok Sandiwara Miss Tjitjih, dan juga para aktor teater di Jakarta, dimana para pelaku bekerja saling berkolaborasi, serta para tim broadcasting yang bekerja mengolah peristiwa panggung menjadi tontonan layar karena sifat pertunjukan yang daring di masa pandemi ini. 
 

Dalam proses latihan menuju pertunjukan, latihan yang berlangsung, dibagi dua latihan, yakni latihan teknik-teknik adegan hantu, dan kemudian pertunjukan yang menggambarkan dari teknik-teknik adegan hantu yang sedang dimainkan (frontstage).  Proses latihan pertunjukan berlangsung di Gedung Miss Tjitjih Cempaka Putih, selama 10 hari. Pertunjukannya sendiri berlangsung pada tanggal 28 November di Teater Kecil Taman Ismail Jakarta, yang berlangsung secara daring di kanal Youtube. Dalam pelaksanaan pertunjukan daring, peristiwa-peristiwa pertunjukan di atas panggung dimedias melalui cara kerja broadcast sebagai hasil akhir dari pertunjukan yang dilangsungkan secara layar daring. 

Profil Penerima

Dina Febriana, lahir di Jakarta, 9 Februari 1980, berkesenian sejak tahun 1995 khususnya di dunia Teater, bergabung di teater tradisi dan teater modern dengan judul Rumah Boneka(Jakarta), DIS (Jakarta), Dhesti Dhiri Dhuk (Jogjakarta), Lingsir Wengi (Seoul Korea), Spirit Of Tjitjih (Jakarta), Mesin Hamlet (Jakarta),  Kala Sumbi (Jakarta),  One For The Road (Jakarta) dan juga sebagai sutradara dengan karyanya yang berjudul Spirit Of Tjitjih, Mesin Hamlet, Backstage to Frontstage dan Teater Radio Mesin Hamlet di Djakarta Teater Platform. Kolaborasi antara teater tradisi dan teater modern tentunya juga menjadi bagian dari kekayaan kesenian dan kebudayaan di Indonesia khususnya di Jakarta.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Komplek Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Jalan Jenderal Sudirman, Senayan
Jakarta Pusat, 10270
Saluran Informasi

Telepon 021 5703303/57903020 ext. 2115
Faksimili 021 57333125
Email kebudayaan@kemdikbud.go.id