📃 Produksi Film Fiksi Pendek “Aku dan Bineka”

📋 Fanny Chotimah

Penciptaan Karya Kreatif Inovatif
Diajukan Rp 391.770.700
5 Oktober – 21 Desember 2020
Disetujui Rp 433.425.000
fsakamaia@gmail.com

Profil Kegiatan

Film anak merupakan film yang penting sebagai landasan pendidikan karakter, namun sayangnya masih belum banyak diproduksi. Terlebih di tengah situasi pandemi seperti sekarang ini, anak-anak tak hanya membutuhkan tontonan yang menghibur namun juga tontonan yang mendidik. Akhirnya film Aku dan Bineka di produksi hasil inspirasi dari novel berjudul “Dari Hari ke Hari” karya Mahbub Djunaidi yang berlatar di kota Solo.

 

Film ini menceritakan tentang Bineka (11) adalah anak laki-laki yang tidak mempunyai ketertarikan dengan buku. Suatu saat ia diminta bapaknya yang merupakan penulis buku biografi (40) untuk mengambilkan buku pesanannya di pasar buku. Bineka pun mengajak temannya, Abdi (11) untuk menemaninya. Namun sebuah peristiwa terjadi ketika teman Bineka yang lain, Sonia (11) datang ke pasar buku. Peristiwa itu pun memaksa mereka untuk saling bekerjasama dan menguji pertemanan mereka untuk bisa Bersama menyelesaikan permasalah yang sedang mereka hadapi.

 

Dalam prosesnya produksi film dilakukan selama kurang lebih 2 bulan mulai proses praproduksi, produksi hingga pascaproduksi. Proses praproduksi dilakukan selama hampir 1 bulan untuk casting, hunting lokasi, reading dan rehearsel. Sedangkan produksi dilakukan mulai 18-23 November 2020. Dalam praktiknya produksi dilakukan dengan jumlah kru yang cukup dan sudah melalui tahapan protokol Kesehatan, sehingga produksi bisa dilakukan dengan aman dan lancar.

Profil Penerima

Fanny Chotimah, lahir di Bandung, bekerja sebagai penulis paruh waktu. Beberapa tulisannya diterbitkan oleh surat kabar lokal dan nasional, serta tergabung dalam beberapa buku antologi. Menjabat sebagai Direktur Yayasan kembang Gula Solo hingga sekarang. Saat ini masih aktif dalam komunitas film, sastra, dan gerakan perempuan. Film “You and I” merupakan debutnya sebagai sutradara film dokumenter Panjang dan mendapatkan penghargaan Film Dokumenter Panjang Terbaik Festival Film Indonesia tahun 2020.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Komplek Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Jalan Jenderal Sudirman, Senayan
Jakarta Pusat, 10270
Saluran Informasi

Telepon 021 5703303/57903020 ext. 2115
Faksimili 021 57333125
Email kebudayaan@kemdikbud.go.id