📃 Festival Ritual Nagari

📋 Sanggar Seni Nan Dianjuang

Pendayagunaan Ruang Publik
Diajukan Rp 187.800.000
23 - 24 Oktober 2020
Disetujui Rp 173.881.000
nandianjuang@gmail.com

Profil Kegiatan

Lapangan Desa Wisata Kubu Gadang, Kelurahan Ekor Lubuk, Padang Panjang Timur menampilkan berbagai pertunjukan yang kental akan budaya. Satu sama lain saling beriringan membentuk irama yang khas. Mereka sedang mengenalkan diri kembali kepada khalayak. Meskipun dalam suasana tatanan baru, mereka tetap muncul dengan performa terbaik. Ya, mereka adalah barisan budaya Minangkabau—Barzanji, Dabuih, Manyerak bareh kunik, Tari Piriang Suluah, Sikerei, Lukah Gilo, Budi Suci, dan Sirompak—yang sudah ada sejak zaman dahulu. Pertunjukan tersebut merupakan salah satu rangkaian acara festival yang diadakan oleh Komunitas Nan Di Anjuang dengan tema “Ritual dalam Aktualisasi Budaya Tradisi”.

 

Festival yang bertajuk “Festival Ritual Nagari” ini berlangsung pada 23–24 Oktober 2020 dan dapat dinikmati oleh masyarakat umum. Selain dalam bentuk audio visul langsung, pertunjukan tradisi ritual juga di bedah dalam seminar yang bertujuan untuk meningkatkan pemahaman para apresiator terhadap bentuk kebudayaan tersebut. Lebih detail, festival ini bertujuan untuk mensosialisasikan dan mengedukasi masyarakat tentang adat dan budaya ritual masyarakat Minangkabau yang pernah ada sebagai bentuk khasanah kebudayaan nasional.

Profil Penerima

Sanggar Seni Nan DiAnjuang yang digagas oleh 5 anak muda pecinta seni tradisional dan berdiri pada tanggal 6 Mei 2011 dengan motto “Yang Muda Yang Berbudaya“ merupakan sebuah organisasi yang aktif dalam mengapresiasikan kesenian daerah (tari dan musik tradisional Indonesia). Sanggar Seni Nan DiAnjuang telah berulang kali mewakili pemerintah daerah di acara promosi budaya ke berbagai daerah baik itu di Indonesia maupun mancanegara

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Komplek Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Jalan Jenderal Sudirman, Senayan
Jakarta Pusat, 10270
Saluran Informasi

Telepon 021 5703303/57903020 ext. 2115
Faksimili 021 57333125
Email kebudayaan@kemdikbud.go.id