📃 Virtual Tur Cagar Budaya Situs Taman Gunongan

📋 Muhammad Ikbal (Yayasan Khadam Indonesia)

Penciptaan Karya Kreatif Inovatif
Diajukan Rp 700.425.000
September – Desember 2020
Disetujui Rp 468.200.000
khadamindonesia@gmail.com

Profil Kegiatan

Produksi Virtual Tur Situs Cagar Budaya Taman Sari Gunongan merupakan simulasi komputer yang dapat mengenai keadaan lingkungan sekitar dan akan membuat penggunanya seolah-olah bisa berinteraksi dengan keadaan tersebut. Tur virtual sendiri adalah simulasi lokasi yang ada, biasanya terdiri dari urutan video atau gambar foto. Itu juga dapat menggunakan elemen multimedia lainnya seperti efek suara, musik, narasi, dan teks. Ini dibedakan dari penggunaan televisi langsung untuk mempengaruhi teletourism.

 

Tur Situs Cagar Budaya Taman Sari Gunongan digunakan dalam dokumentasi dan pelestarian properti bersejarah, dapat akses publik dan juga sebagai arsip digital untuk penelitian dan eksplorasi akademik di masa depan. Dengan teknik VR 360 dan konsep multimedia interaktif, virtual tour mampu membawa pengunjung dalam ruangan dunia maya seperti dia berdiri dan ada di dalam ruangan tersebut (immersive). Dia bisa melihat lingkungan di sekeliling ruangan baik di sisi kiri, kanan, belakang, depan, atas atau bawah. Penggunaan virtual tur ini telah mengubah sistem yang bisa membantu masyarakat untuk berjalan-jalan tanpa harus keluar rumah, tujuannya untuk dapat mengobati rasa rindu berjalan-jalan di masa pandemi seperti sekarang ini.

Profil Penerima

Yayasan Khadam Indonesia merupakan lembaga start up yang membangun ekosistem komunitas budaya, seni film dan pendidikan kebencanaan, mengusung tagline "Create" (Creative,Education & Training) membantu generasi muda menuju Indonesia emas 2045.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Komplek Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Jalan Jenderal Sudirman, Senayan
Jakarta Pusat, 10270
Saluran Informasi

Telepon 021 5703303/57903020 ext. 2115
Faksimili 021 57333125
Email kebudayaan@kemdikbud.go.id