šŸ“ƒ Reaktualisasi Dongeng Lokal

šŸ“‹ Lusiana Dwi Andini

Penciptaan Karya Kreatif Inovatif
Diajukan Rp 72.172.800
November ā€“ Desember 2020
Disetujui Rp 72.172.800
lusianadwiandini@gmail.com

Profil Kegiatan

Reaktualisasi Dongeng Lokal (RDL) merupakan upaya mengangkat kembali cerita lokal di Malang Raya ke dalam sebuah cerita perjalanan anak berjudul ā€œKelana Kinanthiā€ yang dikemas secara modern sehingga nilai-nilai yang dimiliki oleh dongeng tersebut dapat diaplikasikan okleh anak-anak di era teknologi sekarang ini. RDL memiliki 3 tahapan yaitu tahap riset, tahap penulisan, dan tahap digital campaign. Riset di beberapa tempat di wilayah Malang Raya yaitu: Gasek, Tlogomas, Bandungrejosari, Sawojajar, Wendit, Ndau, Sumber Pucung dilakukan untuk mengumpulkan data cerita lokal yang akan digunakan sebagai bahan cerita. Pengolahan data bertujuan untuk menentukan nilai-nilai apa yang cocok dikemas dalam sebuah cerita bersetting modern dengan kecanggihan teknologinya. Tahap penulisan adalah tahap membagi hasil data ke penulis untuk kemudian dijadikan sebuah cerita dan pembuatan ilustrasi.

 

Tahap digital campaign adalah tahap mempublikasikan hasil projek berupa sebuah buku dongeng/cerita anak berjudul ā€œKelana Kinanthiā€ agar dikenal oleh banyak orang terutama anak-anak SD. Projek ini penting untuk memberikan ruang kepada cerita lokal yang ada di kota/kabupaten Malang supaya tidak kehilangan eksistensinya. Selain itu, pengaktualisasian nilai dongeng dalam ā€œKelana Kinanthiā€ melalui pengangkatan isu yang erat kaitannya dengan kemajuan teknologi saat ini, seperti cyber bullying, game addict, hoax, dan lain mampu memberikan pelajaran bagi anak agar lebih bijaksana dalam menggunakan media teknologi.

Profil Penerima

Lusiana Dwi Andini adalah mahasiswa Sastra Inggris lulusan Universitas Negeri Malang lahir yang di kota Malang, 24 November 1995. Memiliki ketertarikan dalam kegiatan mendongeng, ia beberapa kali menjuarai lomba mendongeng. Selain itu, ketertarikan di dunia seni peran dan musik membawanya bergabung di sebuah grup teater musikal, Ruang Karakter di mana ia bisa mengembangkan seni mendongeng, berperan, dan menyanyinya.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Komplek Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Jalan Jenderal Sudirman, Senayan
Jakarta Pusat, 10270
Saluran Informasi

Telepon 021 5703303/57903020 ext. 2115
Faksimili 021 57333125
Email kebudayaan@kemdikbud.go.id