📃 Digitaliasi Relief Kunjarakarna, Arjunawiwaha dan Kresnayana Candi Jago

📋 Syarifuddin

Penciptaan Karya Kreatif Inovatif
Diajukan Rp 72.250.000
7 Oktober-7 Desember 2020
Disetujui Rp 72.250.000
syarifshadow@gmail.com

Profil Kegiatan

Proyek yang dilakukan adalah digitalisasi relief Candi Jago, di Tumpang, Kabupaten Malang. Digitalisasi dilakukan dengan teknik foto rentang dekat, agar dapat menghasilkan citra 3D. Candi Jago merupakan candi yang telah teregistrasi nasional. Candi Jago dperkirakan didirikan pada masa Kertanegara Kerajaan Singosari. Candi Jago merupakan salah satu candi klasik muda yang memiliki banyak panil relief di seluruh tubuh candi, sama seperti Candi Penataran di Blitar dan Candi Tigowangi di Kediri.

 

Seperti halnya relief Candi Borobudur, Candi Jago juga mengalami penggaraman pada bagian-bagian reliefnya, karena kondisi lingkungan, air hujan, perubahan suhu dan iklim. Penggaraman ini secara berangsur sebenarnya mengancam kelestarian relief Candi Jago seperti yang juga terjadi pada relief Candi Jawi di Pasuruan, yang juga mengalami hal serupa. Digitalisasi Relief Candi menjadi jalan bagi kemungkinan pendokumentasian maupun sebagai data restorasi dimasa yang akan datang. Selain berfungsi sebagai data dokumentasi, data digital (digital heritage) yang disajikan dalam laman https://ancientjava.com/arsip-candi/candi-jago, laman ini berfungsi sebagai display sekaligus sebagai sumber pembelajaran terbuka (OER) bagi masyarakat yang tertarik.

 

Selain dapat dinikmati secara online, masyarakat umum dapat mengunduh seluruh materi. Data digital ini dipublikasikan dengan Atribusi 4.0 Internasional (CC BY 4.0) yang memberikan kemungkinan untuk berbagi (share), dan adaptasi bahkan dapat (diperbolehkan) digunakan untuk keperluan komersial sekalipun.

Profil Penerima

Syarifuddin aktif dalam bidang Seni Rupa dan Permuseuman, Bekerja untuk Museum Panji, Malang. Aktifitasnya selain melakukan kurasi untuk bidang seni, juga seringkali terlibat dalam kajian pengembagan museum-museum di beberapa daerah. Selain itu, ia juga bekerja secara lepas untuk bidang teknologi digital terutama pengembangan AR/VR baik desktop maupun mobile untuk sebuah studio di Malaysia-Amerika.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Komplek Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Jalan Jenderal Sudirman, Senayan
Jakarta Pusat, 10270
Saluran Informasi

Telepon 021 5703303/57903020 ext. 2115
Faksimili 021 57333125
Email kebudayaan@kemdikbud.go.id