📃 Drama Musikal Bregada Rempah  Handayani

📋 Scholastica Wahyu Pribadi

Penciptaan Karya Kreatif Inovatif
Diajukan Rp 539.105.000
27-29 November 2020
Disetujui Rp 539.105.000
scholasticawp@gmail.com

Profil Kegiatan

Tema pertunjukan drama musikal “Bregada Rempah Handayani” adalah tentang rempah-rempah. Kisah yang diangkat adalah karya fiksi bernuansa mitos dan legenda yang diinspirasi dari peristiwa sejarah berdirinya Kabupaten Gunungkidul namun dikaitkan dengan situasi pandemi yang sedang terjadi saat ini. Alkisah pada suatu masa, Ratu negeri Yogyatarum, memerintah Adipati Daksinarga (pemimpin Gunungkidul) memindahkan pusat kadipaten dari Karang Punjung ke alas Wonosari.

 

Dikisahkan alas Wonosari adalah hutan yang angker dan lebat, serta dipenuhi pohon-pohon purba yang besar. Di tengah proyek pembabatan hutan, para prajurit banyak yang gugur dan mengalami penyakit aneh mematikan yang disebut sebagai serangan dari mahluk tak kasat mata bangsa Patogeni (mahluk Patogeni, mikroorganisme penyebab penyakit pada manusia). Dalam waktu singkat penyakit itu menyebar ke seluruh wilayah kadipaten dan membuat rakyat menderita. Kemudian Sultan di Yogyatarum mengirimkan bantuan berupa satu bregada pasukan khusus bernama Bregada Rempah Handayani. Bregada ini bukan sebuah brigade militer, tetapi para abdi keparak jampi, sekelompok abdi dalem perempuan peracik jamu berbekal tenggok berisi aneka empon-empon (tanaman obat). Disebut dalam cerita, bahwa di dalam empon-empon tersebut bersemayam mahluk dari bangsa Patokamya (senyawa fitokimia) yang ampuh melawan bangsa Patogeni (patogen).

 

Ide mengenai rempah-rempah ini dimunculkan dalam konsep pertunjukan sebagai sarana untuk memperbincangkan kembali kekayaan rempah nusantara kita, yang telah tercatat dalam cerita-cerita sejarah selama berabad-abad yang lalu, bahkan jauh sebelum kedatangan bangsa Eropa memperdagangkan rempah-rempah di masa kolonialisme. Seluruh rangkaian pertunjukan dapat ditonton perdana di kanal Youtube LOKA FESTIVAL mulai tanggal 12 Desember 2020.

Profil Penerima

Scholastica menyelesaikan Pendidikan Seni Tari di Univerisitas Negeri Yogyakarta. Pemilik Yayasan Loka Art studio sebagai pusat aktivitas dan Pendidikan seni. Karya beliau menjadi seorang produser festival dan produksi karya di Indonesia dan pengalaman koreografer dibeberapa negara diantaranya India, Korea, Cambodia, Hongkong, Singapore, dan Malaysia. Beliau juga aktif dalam kegiatan organisasi dan sekolah non formal untuk menyelesaikan bidang sebagai pelatih provisional / koreografer bidang American Latin di United Kindom Alliance

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Komplek Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Jalan Jenderal Sudirman, Senayan
Jakarta Pusat, 10270
Saluran Informasi

Telepon 021 5703303/57903020 ext. 2115
Faksimili 021 57333125
Email kebudayaan@kemdikbud.go.id