ūüďÉ Virtual Museum Sultan Mahmud Baddarudin II

ūüďč Indah Karunia Sari Pratama

Penciptaan Karya Kreatif Inovatif
Diajukan Rp 465.710.000
November - Desember 2020
Disetujui Rp 465.710.000
kspindah12@gmail.com

Profil Kegiatan

Ditengah pandemi seperti ini tentunya dibutuhkan banyak metode dan cara baru dalam aksi pelestarian sejarah dan budaya bahkan didunia pendidikan. Virtual museum bisa menjadi salah satu solusinya, dengan adanya konsep virtual reality seperti ini tentunya akan mempermudah kita untuk mengakses sumber sejarah dan budaya yang ada dimuseum tanpa harus pergi kesana, tentu saja virtual museum juga bisa menjadi salah satu solusi media pembelajaran baru pada era digital ini.

 

Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk membuat sebuah konsep baru virtual museum SMB II dalam bentuk Website dan juga dalam fitur android sehingga nantinya Sehingga penggunaan media sosial dalam promosi industri pariwisata musuem tak dapat harus di galahkan. Virtual Museum ini merupakan salah satu upaya pengenalan dan pelestarian Rumah limas sebagai salah satu cagar budaya yang ada dipalembang dan sumbangan pada Dinas pariwisata Kota Palembang. Selain itu mengingat kota Palembang sudah menjadi kota Internasional karena sering diadakan event yang berskala Internasional, salah satu contohnya Asean Games yang berlangsung pada tahun 2018. Event seperti ini pastinya akan mendatangkan banyak turis dari Mancanegera dan lokal.

 

Untuk menyongsong Palembang Darussalam 2023 dan Kota Palembang sebagai Wisata budaya maka perlunya sebuah promosi, virtual museum ini nantinya akan menjadi referensi informasi wisata kota museumsmb2.iheritage.id Palembang dimasa depan. Virtual Museum ini dapat dikunjungi pada laman museumsmb2.iheritage.id.

Profil Penerima

Indah Karunia Sari Pratama lahir di Palembang  tanggal 22 Mei 1992 adalah Guru Mata Pelajaran Sejarah  di SMA Bina Warga Palembang yang sekarang mengenyam pendidikan di Pascasarjana UIN Raden Fatah Palembang, sekarang aktif dalam penelitian dan riset kesejarahan

 

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Komplek Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Jalan Jenderal Sudirman, Senayan
Jakarta Pusat, 10270
Saluran Informasi

Telepon 021 5703303/57903020 ext. 2115
Faksimili 021 57333125
Email kebudayaan@kemdikbud.go.id