📃 Penciptaan Lagu-Lagu Bernuansa Musik Nusantara Sebagai Media Pembelajaran Budaya bagi Penutur Asing di Bali

📋 Fardian

Penciptaan Karya Kreatif Inovatif
Diajukan Rp 109.575.000
1 November - 15 Desember 2020
Disetujui Rp 109.575.000
fardianpian@gmail.com

Profil Kegiatan

Karya ini berupa album musikalisasi yang berjudul “Indonesia Istimewa”, merupakan kumpulan lagu-lagu yang bertujuan sebagai media pembelajaran budaya Indonesia dan pendukung program belajar Bahasa Indonesia Bagi Penutur Asing. Project ini mengangkat tema-tema keberagaman nilai budaya Indonesia yang digunakan sebagai sumber inspirasi baik secara lirikal maupun musikal. Materi yang mejadi sumber penciptaan diantaranya adalah aspek-aspek nilai budaya pada modul-modul pelajaran Bahasa Indonesia Bagi Penutur Asing sebagai sumber penciptaan lirik, dan penggunaan berbagai alat-alat musik nusantara seperti Kendang, Suling Bali, Angklung, Rindik Bali, Instrumen gamelan Bali dan Gamelan Jawa sebagai media musik nusantara, dikolaborasikan dengan alat musik barat seperti gitar, bass, piano, dan drum set. Hasil ciptaan karya musik ini adalah berbentuk lagu sebanyak 12 audio track yang dikemas dalam album fisik (CD) dan album digital yang dapat diakses melalui platfom-platfom musik digital seperti spotify, apple music, youtube, dll.

 

Terdapat dua aspek penting dari album musikalisasi ini yang dapat diserap oleh pendengar. Pertama, aspek lirikal, pada aspek lirikal ini nantinya pendengar dapat menyerap pengetahun berbahasa maupun materi lainnya yang berhubungan pengenalan nilai budaya Indonesia. kedua, aspek musikal, pada aspek musikal, nantinya pendengar dapat mengetahui berbagai keberagaman musik-musik nusantara melalui instrumen musik yang digunakan pada garapan lagu.

Profil Penerima

Fardian merupakan seorang  musisi, penata musik, dan musik produser asal Bali. lulusan S-1 Musik Institut Seni Indonesia Denpasar, dan lulusan S-2 Program Studi Seni Pascasarjana Institut Seni Indonesia Denpasar. Karir musiknya sejak tahun 2013 telah banyak memproduksi berbagai lagu, juga telah banyak memproduseri para musisi-musisi lain secara independent. Tergabung sebagai musik produser di komunitas “Fardian And Team”, merupakan komunitas seni di Bali yang aktif di bidang penciptaan musik.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Komplek Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Jalan Jenderal Sudirman, Senayan
Jakarta Pusat, 10270
Saluran Informasi

Telepon 021 5703303/57903020 ext. 2115
Faksimili 021 57333125
Email kebudayaan@kemdikbud.go.id