📃 Buku Bergambar “Harta Karun Abah: Sepenggal Kisah Pencarian Makna Pencak Silat”

📋 Iros Rosimah, M.Pd

Penciptaan Karya Kreatif Inovatif
Diajukan Rp 77.266.750
6 Oktober – 30 November 2020
Disetujui Rp 77.266.750
irosrosimah1965@gmail.com

Profil Kegiatan

Dalam upaya menanamkan nilai budaya sunda khususnya pencak silat maka diperlukan berbagai metode yang menarik salah satunya dengan membuat buku cerita bergambar. Buku tersebut akan dikemas semenarik mungkin, dengan gaya bahasa yang populer agar mudah diterima khususnya oleh anak-anak.

 

Pembuatan Buku Bertema Silat Sunda didahului dengan berbagai kajian dan penggalian informasi mengenai nilai-nilai falsafah yang terdapat dalam pencak silat. Informasi tersebut didapat dari narasumber yang merupakan pelatih silat senior. Serangkaian informasi tersebut kemudian akan disusun ke dalam sebuah naskah cerita yang mengambil konteks yang ada di Desa Suntenjaya. Berbagai peristiwa dalam cerita dan beberapa gerakan akan diilustrasikan secara menarik.

 

Buku ini nantinya akan disebarkan ke beberapa sekolah dasar dan menengah yang berada di Kabupaten Bandung Barat. Di prioritaskan sekolah-sekolah yang memiliki ekstrakulikuler Pencak Silat. Tujuannya agar minat membaca dikalangan anak-anak meningkat dan dapat memberi inspirasi untuk melestarikan Pencak Silat sebagai warisan budaya yang bernilai luhur.

Profil Penerima

Iros Rosimah merupakan seorang Kepala Sekolah di SDN 3 Cibodas. Sejak 2004 pencak silat mulai dijadikan mulok pelajaran di sekolah.  Beliau sangat berperan aktif untuk mendukung dan membimbing peserta didik untuk berprestasi di bidang pencak silat

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Komplek Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Jalan Jenderal Sudirman, Senayan
Jakarta Pusat, 10270
Saluran Informasi

Telepon 021 5703303/57903020 ext. 2115
Faksimili 021 57333125
Email kebudayaan@kemdikbud.go.id