📃 Mengusung lantung Bengkulu dengan keindahan ecoprint

📋 Alfira Oktaviani

Penciptaan Karya Kreatif Inovatif
Diajukan Rp 106.758.000
Oktober-Desember 2020
Disetujui Rp 106.758.000
semilirjogja@gmail.com

Profil Kegiatan

Karya ini adalah suatu hasil eksperimen dari masuknya teknik ecoprint ke Indonesia yang kami coba terapkan pada media serat alam non tekstil yakni kulit kayu lantung khas Bengkulu. Ecoprint adalah suatu seni olah kain dengan memanfaatkan warna dan bentuk daun secara kontak langsung pada kain dibantu dengan pemanasan sehingga menghasilkan warna dan motif pada kain secara alami. Hasilnya yang indah, natural dan proses yang ramah lingkungan menjadikan trend fesyen ditengah masyarakat Indonesia.

 

Kulit kayu lantung Bengkulu adalah salah satu warisan budaya tak benda Indonesia. Selama ini kulit kayu lantung hanya dipasarkan dalam bentuk aslinya yakni polos berwarna kecoklatan, sehingga membuatnya kurang menarik dan kurang diminati. Padahal prosesnya yang handmade dan merupakan serat alami dapat menjadi salah satu daya tarik mancanegara. Oleh sebab itu, mengusung lantung Bengkulu dengan Teknik ecoprint yang memanfaatkan warna dan bentuk daun asli serta pewarna alam Indonesia merupakan bentuk wujud abdi kami untuk tetap melestarikan warisan budaya.

Profil Penerima

Alfira Oktaviani adalah pendiri dari semilir ecoprint. Sudah 3 tahun ini menggeluti seni olah kain ecoprint mengunakan dedaunan dan pewarna alam Indonesia.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Komplek Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Jalan Jenderal Sudirman, Senayan
Jakarta Pusat, 10270
Saluran Informasi

Telepon 021 5703303/57903020 ext. 2115
Faksimili 021 57333125
Email kebudayaan@kemdikbud.go.id