📃 Ulupampang Menanam (Archive Exchange – Multiple Platform)

📋 Studio Klampisan Banyuwangi

Penciptaan Karya Kreatif Inovatif
Diajukan Rp 630.350.000
Oktober-November 2020
Disetujui Rp 630.350.000
studioklampisanbwi@gmail.com

Profil Kegiatan

Siapakah sejarah? Apakah sejarah berhenti dalam sebuah konstruksi? Ketika sebuah situs hancur karena perang, bencana maupun wabah -- dan arsip-arsipnya ikut hancur, tidak lantas seluruh data dari situs itu hancur. Kehidupan terus berlangsung, tradisi berlanjut dalam bentuk upacara, pernikahan, permainan, kesenian. Berbagai bentuk produk budaya dari tradisi itu berlanjut kembali: pertanian, makanan, pakaian, peralatan kerja, bangunan dan dongeng-dongengnya. Semua data hidup dari tradisi ini merupakan memori kolektif dari komunitas sejarah, dan terus berdialog menghadapi tantangan-tantangan baru. Ia menjadi gambaran lain dari pembekuan sejarah dalam konstruksi nasionalisme maupun intervensi pengaruh-pengaruh lain dan industri pariwisata.

 

Lima desa atau kampung (Desa Bayu, Glenmore, Singonegaran, Tembokrejo dan Kampung Mandar) merupakan situs spesifik Banyuwangi yang jadi pantulan “komunitas sejarah” dalam program Studio Klampisan Banyuwangi ini. Komunitas sejarah dari lima desa atau kampung ini, dipaparkan kembali dalam beberapa program seni dan diskusi: mencari metode-metode partisipatif maupun lintas disiplin dalam membentuk kebersamaan maupun dalam pembacaan sejarah yang tidak dogmatis. Multiple-platform ini bertujuan mengaktivasi lima desa di Banyuwangi untuk memantik masa lalu dan masa depan melalui modus kerja hyperlink. Platform “eksperimental” ini berusaha tidak menetapkan standar nilai maupun metode tertentu, sehingga aktivasi dan peristiwa kolektif yang terjadi memiliki watak spesifik dari setiap desa/kampung.

Profil Penerima

Studio Klampisan Banyuwangi bekerja dengan praktik kesenian sebagai media pemberdayaan masyarakat Banyuwangi yang mayoritas bekerja di sektor pertanian dan kelautan. Banyuwangi merupakan situs Hindu terakhir di Jawa yang hidup berdampingan dengan muslim. Kami bertujuan menjadi ruang tumbuh seni pertunjukan di tengah pluralnya kultur, agama, dan profesi masyarakat Banyuwangi.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Komplek Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Jalan Jenderal Sudirman, Senayan
Jakarta Pusat, 10270
Saluran Informasi

Telepon 021 5703303/57903020 ext. 2115
Faksimili 021 57333125
Email kebudayaan@kemdikbud.go.id