📃 Mix Virtual Reality Performance Art

📋 Muhammad Ramdan

Penciptaan Karya Kreatif Inovatif
Diajukan Rp 997.980.750
Oktober – Desember 2020
Disetujui Rp 591.408.400
tiktokjamdinding@gmail.com

Profil Kegiatan

Mix Virtual Reality Performance Art, merupakan sebuah bentuk karya pertunjukan yang terinspirasi, dari perkembangan teknologi yang mengedepankan nilai cerita melalui penggabungan seni pertunjukan, film, dengan virtual reality. Kisah yang diangkat pada Mix Virtual Reality Performance Art diambil dari sejarah Yogyakarta yang terjadi pada tahun 1812 yaitu geger sepehi. Secara sejarah pojok benteng lor wetan merupakan bangunan kerajaan Yogyakarta yang hancur pada saat geger sepehi. Pertempuran antara Yogyakarta dengan inggris yang megakibatkan runtuhnya benteng utama keraton, sehinga keraton Yogyakarta dikuasi oleh inggris. 

 

Lingkungan kita adalah puing-puing sejarah masa lalu yang syarat dengan identitas suatu daerah. Keterpurukan yang pernah terjadi, kegelapan yang pernah menggelayuti alam pikir pengetahuan Yogyakarta, menjadi pengalaman kelam yang sudah semestinya menjadi pengingat diri. Melalui karya Mix Virtual Reality Performance Art, mencoba menghadirkan posisi melihat masa lalu untuk masa yang akan datang. Melibatkan masyarakat untuk berada dalam sajian virtual sebagai penanda zaman. Zaman Indonesia yang maju dan harmony. Karya ini telah digelar di Pendhapa Art Space Yogyakarta pada tanggal 11- 12 Desember 2020 dan mendapat sambutan baik oleh BPNB yogyakarta, Dinas kebudayaan Provinsi dan kota Yogyakarta

Profil Penerima

Muhammad Ramdan merupakan salah satu pelaku seni  pertunjukan dan Film di Yogyakarta. Mengambil sekolah di salah satu perguruan tinggi seni di Yogyakarta, ISI Yogyakarta. Aktivitas kesenian sudah digeluti sejak tahun 2011. Terlibat beberapa pertunjukan yang digelar di Yogyakarta. Pernah Magang pada kelompok Teater Gandrik. Sampai saat ini selalu belajar dan selalu mencoba memberikan yang terbaik untuk Negara Indonesia.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Komplek Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Jalan Jenderal Sudirman, Senayan
Jakarta Pusat, 10270
Saluran Informasi

Telepon 021 5703303/57903020 ext. 2115
Faksimili 021 57333125
Email kebudayaan@kemdikbud.go.id