📃 Doodleganger Virtual Studio

📋 Dellana Arievta

Penciptaan Karya Kreatif Inovatif
Diajukan Rp 167.520.300
1 Oktober 2020 – 30 November 2020
Disetujui Rp 167.520.300
arievtadellana@gmail.com

Profil Kegiatan

Doodleganger adalah sebuah movement brand yang dirintis sejak tahun 2014, semangat creativepreneurship yang menstimulasi teman-teman di dunia maya untuk terus berkesenian adalah pesan utama dalam setiap projek-projek yang dikerjakan. Nama Doodleganger sendiri adalah sebuah plesetan dari kata ‘doodle’ yang berarti gambar coret-coretan, dan ‘doppelganger’ yang berarti kembaran. Harapannya adalah setiap orang dapat menemukan diri mereka/‘kembaran’ di setiap karya seni yang dihasilkan.

 

Di awal tahun 2020, pandemi cukup membuat para creativepreneur dan pelaku workshop termasuk Doodleganger tersungkur akibat perubahan prilaku konsumen yang signifikan. Minimnya semangat untuk berkarya dari teman-teman komunitas pegiat seni sangat terasa, maka tercetuslah ide virtual workshop ini untuk memberi stimulan dalam menciptakan karya. Dengan konsep Bedroom Studio kami ingin berbagi pemikiran bahwa karya seni tidak akan terhalang oleh tembok- tembok karantina, ia melampaui waktu dan ruang yang sempit. Projek yang berkolaborasi dengan pekerja kreatif lain ini juga diharapkan menjadi wadah untuk saling berbagi insight demi menularkan semangat positif kepada teman-teman yang sedang mencoba bangkit dari keterpurukan akibat pandemi.

 

Dalam program Fasilitasi Bidang Kebudayaan (FBK) yang berlangsung di bulan Oktober hingga November 2020, kami menghadirkan empat seri video dengan motion graphic bertema industri kreatif dengan durasi masing-masing minimal lima menit sebagai output-nya. Dalam proses pengerjaannya beberapa artisan yang terdampak juga dilibatkan. Video-video lain direncanakan akan terus ditambahkan meski program FBK 2020 sudah selesai. Agar mudah diakses oleh masyarakat umum, seri video tersebut diarsipkan dalam situs studio.doodleganger.com

Profil Penerima

Seorang desainer visual lulusan Institut Seni Indonesia, Yogyakarta yang menjalankan bisnis artisan merchandise sejak 2015. Sering mengadakan workshop dan mengikuti beberapa art market seperti ARTJOG Merchandise Project kemudian menerbitkan buku berilustrasi dengan judul Doodleganger: Meet Your Doppelganger in A Doodle (2017). Mengikuti program Seniman Mengajar di Toraja Utara (2018) & Banda Neira (2019) yang berkat projek tersebut mendapatkan penghargaan dari Bekraf di program ORBIT sebagai Desainer Indonesia.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Komplek Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Jalan Jenderal Sudirman, Senayan
Jakarta Pusat, 10270
Saluran Informasi

Telepon 021 5703303/57903020 ext. 2115
Faksimili 021 57333125
Email kebudayaan@kemdikbud.go.id