📃 WayangGram

📋 Ilhamsyah

Penciptaan Karya Kreatif Inovatif
Diajukan Rp 202.295.000
Oktober-November 2020
Disetujui Rp 202.295.000
ilham.ideamaniacs@gmail.com

Profil Kegiatan

Perkembangan teknologi digital yang begitu pesat menghadirkan model-model hiburan baru yang menarik minat penggunanya. Dampak buruknya adalah pada seni tradisional yang berupa fisik seperti lukisan, ukiran, craft, seni pertunjukan seperti tari dan wayang mulai ditinggalkan. “WayangGram” yang merupakan kependekan dari Wayang di Instagram, merupakan bentuk baru pertunjukan wayang kulit tradisi Cirebon, yang sarat akan pesan-pesan kebaikan. Pertunjukan ini dirancang dan ditampilkan melalui sosial media Instagram sehingga dapat menyentuh calon pemirsa potensial yaitu kaum milenial, yang secara tidak langsung turut melestarikan budaya tradisi Nusantara. 

 

Remaja millenial yang sangat aktif di internet melalui sosial media, sangat tertarik dengan cerita, walau terkadang cerita tersebut sederhana. Mereka sangat tertarik dengan tema-tema yang tidak umum, inspiratif, kebaruan, dan terlibat dalam suatu aktifitas digital. Untuk itu perancangan WayangGram tidak cukup hanya penampilan visual saja, tapi cerita dibuat pendek, atau cerita panjang yang dipenggal menjadi beberapa bagian. Gambar yang disajikan merupakan perpaduan visual tradisi (wayang dan ornamen) dan visual-visual kontemporer. Modifikasi lainnya adalah visual dibuat bergerak dengan gaya motion graphic, gerakan sederhana namun bermakna. Dapat dikatakan WayangGram merupakan peraduan seni lukis wayang, pertunjukan wayang kulit dan naskah cerita. Sederhananya WayangGram adalah bentuk lain dari cerita bergambar (cergam) dengan memanfaatkan medium digital.

Profil Penerima

Ilhamsyah merupakan seniman dengan background desain grafis yang memiliki minat besar pada khazanah seni visual tradisi Cirebon secara khusus. Semenjak tahun 2010 fokus mengolah ornament Mega Mendung. Karya dengan tema Cirebonan sudah beberapa kali dipamerkan, salah satunya menjadi finalis pada ajang pameran International Print Making & Paper Art Show 2018.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Komplek Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Jalan Jenderal Sudirman, Senayan
Jakarta Pusat, 10270
Saluran Informasi

Telepon 021 5703303/57903020 ext. 2115
Faksimili 021 57333125
Email kebudayaan@kemdikbud.go.id