📃 Penyusunan Buku Ensiklopedia Wonosobo

📋 M. Yusuf Amin Nugroho

Penciptaan Karya Kreatif Inovatif
Diajukan Rp 106.500.000
September-Desember 2020
Disetujui Rp 106.500.000
jusufan@gmail.com

Profil Kegiatan

Kegiatan Penyusunan dan Penerbitan Buku Ensiklopedia Wonosobo ialah kegiatan penulisan dan penerbitan buku ensiklopedia yang berisi hal-hal terkait adat istiadat, ritus, kesenian, pengtahuan dan teknologi tradisional, serta cerita rakyat yang bersumber dari tradisi lisan. Buku tersebut dirancang secara menarik, dengan menggunakan bahasa yang mudah dipahami, serta disertai ilustrasi dan foto yang mendukung. Buku tersebut digarap oleh lima orang penulis, dua seorang desainer grafis/perupa, melibatkan dua orang fotografer, dan dua orang editor. Mula-mula, dibentuk tim penyusun untuk kemudian bekerjasama dalam mewujudkan lahirnya buku Ensiklopedia Wonosobo.

 

Setelah dilakukan Focus Discussion Group (FGD) terkait tema yang akan digarap, selanjutnya dibagi tugas, penentuan tenggat waktu, dan mulai menyusunnya menjadi buku, menyerahkannya kepada editor, kemudian naskah disusun sedemikian rupa dan diserahkan ke percetakan. Setelah buku dicetak, buku akan dilaunching, didiskusikan dan selanjutnya didistribusikan ke perpustakaan sekolah dan universitas, perpustakaan desa, kelompok masyarakat, Badan Arsip dan Perpustakaan Daerah (ARPUSDA) Kabupaten Wonosobo serta dinas terkait. Buku "Ensiklopedia Wonosobo" penting untuk ada sebagai rujukan dan visualisasi data tentang tradisi dan kebudayaan Wonosobo. Dengan lahirnya buku ini diharapkan masyarakat (khususnya generasi muda) dapat termotivasi untuk menjaga dan meletarikan berbagai khasanan kebudayaan yang ada di Wonosobo.

Profil Penerima

M. Yusuf Amin Nugroho (Jusuf AN), lahir di Wonosobo, 2 Mei 1984. Alumni UIN Sunan Kalijaga dan PPs UNSIQ. Karya-karyanya berupa cerpen, puisi dan essai tersebar di berbagai media daerah dan pusat, antara lain Majalah Sastra Horison, Jurnal Cerpen Indonesia. Kumpulan puisi tunggalnya berjudul Sebelum Kupu-kupu (2009) mendapat penghargaan dari Pusat Perbukuan Nasional, Hikayat Sri (2018) mendapat penghargaan Prasidatama dari Balai Bahasa Jawa Tengah. Novelnya, Jehenna (2010), Burung-Burung Cahaya (2011), Mimpi Rasul (2012), Pedang Rasul (2013), Kailasa (2016). Kumpulan cerpennya, Gadis Kecil yang Mencintai Nisan (2012), Ibu yang Selalu Berdandan Sebelum Tidur (2017). Selain menulis, juga mengajar di FITK Universitas Sains Al-Qur’an

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Komplek Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Jalan Jenderal Sudirman, Senayan
Jakarta Pusat, 10270
Saluran Informasi

Telepon 021 5703303/57903020 ext. 2115
Faksimili 021 57333125
Email kebudayaan@kemdikbud.go.id