📃 Pertunjukan Teater “Garong: Kini Ia Tertinggal di Penjara”

📋 Iqlima Al Afuw

Penciptaan Karya Kreatif Inovatif
Diajukan Rp 56.138.000
September - November 2020
Disetujui Rp 56.138.000
alafuw1992@gmail.com

Profil Kegiatan

Pertunjukan teater dengan Judul Garong: Kini Ia Tertinggal di Penjara , merupakan adaptasi naskah cerpen karya Indra Tranggono. Dalam pertunjukannya karya ini mempunyai 3 ubahan karya sastra, dari cerpen dengan judul garong, diadaptasi menjadi naskah pertunjukan teater dan kemudian divisualisasikan menjadi pertunjukan teater. Pertunjukan ini tak lepas dari kehidupan masyarakat yang kini, mulai mengalami perubahan/pergeseran perilaku yang “berani” menerjang hal-hal tabu yang mengoyak keharmonisan masyarakat. Banyaknya pemberitaan mengenai koruptor yang tertangkap, menimbulkan krisis kepercayaan masyarakat akan satu sama lain. Cerpen garong merupakan cerita yang diadaptasi dari pepatah lama, harta, tahta dan wanita. Bagaimana wibawa dan kebijaksanaan seorang lelaki diuji dihadapan godaan duniawi tersebut.

 

Pelaksanaan sesuai dengan yang sudah disusun dan diusulkan pada tanggal 7 November 2020, di gelanggang Anuraga Boyolali. Sesuai dengan protokol kesehatan disediakan tempat cuci tangan disisi luar gedung pertunjukan, ada panitia dengan untuk mengecek suhu tubuh, dan penonton dibatasi sesuai izin Satgas Covid-19 di Boyolali. Pelaksanaan streaming di hari yang sama dengan menggunakan chanel youtube Dinas Pendidikan Boyolali melalui akun Bidang Kebudayaan Disdikbud Boyolali. Setelah Proses pertunjukan selesai, karya kemudian dikurasi oleh Kurator sebagai hasil akhir rangkaian pertunjukan teater.

Profil Penerima

Iqlima Al Afuw atau lebih dikenal dengan nama Ima , seniman muda yang berasal dari Kota Susu, Boyolali. Mengawali kiprah kesenian sejak bangku SMA tergabung dalam teater LINCAK. Setelah Lulus kuliah ia bertekad mengembangkan hasil prosesnya dengan kawan-kawan Boyolali kota asalnya utamanya dengan Teater pelajar Tsuntsinelas dengan kelompok inilah Ima , lebih dikenal di Boyolali sebagai sutradara muda wanita .

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Komplek Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Jalan Jenderal Sudirman, Senayan
Jakarta Pusat, 10270
Saluran Informasi

Telepon 021 5703303/57903020 ext. 2115
Faksimili 021 57333125
Email kebudayaan@kemdikbud.go.id