📃 “Jeneberang River Festival: Jelajah Sungai Jeneberang Melalui Bunyi dan Gerak"

📋 Basri Baharuddin Sila

Pendayagunaan Ruang Publik
Diajukan Rp 479.270.000
23 Oktober - 25 November 2020
Disetujui Rp 428.850.000
basribaharuddinsila@gmail.com

Profil Kegiatan

Perhelatan seni budaya berbasis sungai bertajuk Jeneberang River Festival 2020 yang mengambil tema Jelajah Sungai melalui Gerak dan Bunyi. Kegiatan ini diselenggarakan di Kawasan Sungai Jeneberang dan Kampung Seni Baruga Kaluarrang yang terletak di Jl. Dg. Tata III/2 Kelurahan Parang Tambung, Kecamatan Tamalate, Kota Makassar, Provinsi Sulawesi Selatan pada tanggal 23 Oktober 2020 sampai dengan 25 Oktober 2020.

 

Kegiatan ini disambut antusias oleh masyarakat Kota Makassar khususnya warga kelurahan Parangtambung karena selain mengangkat budaya setempat, kegiatan ini juga menampilkan tontonan seni budaya berkelas meski diadakan dengan ala kampung seni. Kegiatan ini juga membantu ekonomi masyarakat lokal karena panitia senantiasa melibatkan tenaga lokal setempat sebagai kru persiapan dan kebersihan lokasi, serta disediakan tempat secara gratis bagi warga sekitar yang ingin berjualan jajanan dan minuman tradisional ala kampung.

 

Selain itu melalui agenda Jeneberang River Trip berhasil memberikan ide dan contoh destinasi wisata budaya baru untuk Pariwisata Sulawesi Selatan yakni menikmati keindahan sungai jeneberang sambil menikmati sajian musik dan kuliner tradisional dari atas rakit.

Profil Penerima

Basri Baharuddin Sila yang akrab disapa Daeng Bas adalah seniman dan budayawan asal Sulawesi Selatan. Daeng Bas merupakan tokoh pembaharu dalam musik modern di Makassar dan Sulawesi Selatan. Ia telah bekerja dengan banyak seniman di dalam dan luar negeri serta mengunjungi berbagai negara untuk membagi pengalaman dan mementaskan karyanya. Berkat dedikasi tersebut Daeng Bas menerima berbagai penghargaan diantaranya Anugerah Kebudayaan 2017 kategori Pelopor, Pencipta, dan Pembaharu dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Celebes Award dari Gubernur Sulsel, serta Pin Emas Tokoh Masyarakat Berprestasi bidang Kebudayaan oleh Walikota Makassar.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Komplek Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Jalan Jenderal Sudirman, Senayan
Jakarta Pusat, 10270
Saluran Informasi

Telepon 021 5703303/57903020 ext. 2115
Faksimili 021 57333125
Email kebudayaan@kemdikbud.go.id