📃 Indonesian Dance Festival 2020

📋 Yayasan Loka Tari Nusantara

Pendayagunaan Ruang Publik
Diajukan Rp 966.228.000
7 - 14 November 2020
Disetujui Rp 966.228.000
indonesiandancefestival.id@gmail.com

Profil Kegiatan

Diselenggarakan pada 7-14 November 2020 secara virtual dengan menawarkan pengalaman membawa panggung ke dalam rumah atau ruang pribadi masing-masing. Indonesian Dance Festival, yang telah konsisten diselenggarakan sejak 1992, khusus untuk penyelenggaraan tahun ini bertransformasi nama menjadi IDF2020.zip sebagai bentuk adaptasi atas penyelenggaraan yang akan dinikmati secara virtual. Seperti karakteristik .zip pada istilah komputerisasi, yang menjadikan rangkaian kegiatan IDF  kali ini akan lebih padat namun memuat pengalaman panjang kepenarian kontemporer Indonesia dan mancanegara terpilih untuk kita nikmati, renungkan dan diskusikan bersama.

 

Dengan mengusung tema DAYA: Cari Cara, IDF2020.zip ingin menularkan semangat tetap #berDAYAbersama agar tetap dapat berkarya dan berkembang secara adaptif dan  dinamis kepada seluruh seniman seni pertunjukan dan publik. Festival yang ke-15 ini menyajikan tiga program utama yaitu Performances, Kampana, dan zip.Conversations.

 

Program Performances diisi dengan karya-karya yang dirasa telah menjadi salah satu titik tolak untuk melihat perkembangan tari kontemporer di Indonesia dan internasional. Pada program ini akan menampilkan empat seniman: Eun Me Ahn (Korea Selatan), Kolektif Gymnastik Emporium (Yogyakarta, Indonesia), Ayu Permata Sari (Lampung, Indonesia), Hari Ghulur (Madura, Indonesia)

 

Program Kampana adalah wadah pemberdayaan seniman tari muda dan upaya memberi akses untuk mereka dalam mengembangkan gagasan dan praktik koreografinya. Kampana pada IDF2020.zip menggandeng enam seniman tari muda untuk mempresentasikan gagasannya, membentangkan konsep pertunjukannya, dan menceritakan proses kreatifnya. Program diskusi zip.Conversations akan membicarakan mengenai pengaruh pandemi terhadap aktivitas ketubuhan, baik dari segi biologis, politis, maupun eksistensi.

Profil Penerima

Yayasan Loka Tari Nusantara adalah organisasi yang menaungi kegiatan Indonesian Dance Festival (IDF), sebuah festival tari kontemporer berskala internasional yang dilaksanakan bi-annual dan konsisten digelar sejak tahun 1992. Berangkat dari keresahan dengan terhentinya program Penata Tari Muda pada tahun 1987, yang digagas Komite Seni Tari Dewan Kesenian Jakarta, beberapa tokoh seperti Sal Murgiyanto, Maria Darmaningsih, Nungki Kusumastuti, Melina Surja Dewi, Dedy Lutan, dan Tom Ibnur menginisiasi sebuah wadah seni tari di tahun 1992 yang diberi nama Indonesian Dance Festival (IDF) . Prakarsa ini didukung oleh beberapa tokoh tari, yaitu Sardono W. Kusumo, Julianti Parani, Edi Sedyawati, dan Farida Oetoyo.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Komplek Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Jalan Jenderal Sudirman, Senayan
Jakarta Pusat, 10270
Saluran Informasi

Telepon 021 5703303/57903020 ext. 2115
Faksimili 021 57333125
Email kebudayaan@kemdikbud.go.id