📃 Festival Gugus Bagong

📋 Yayasan Bagong Kussudiardja

Pendayagunaan Ruang Publik
Diajukan Rp 749.875.000
18 - 21 November 2020
Disetujui Rp 482.035.000
info@psbk.or.id

Profil Kegiatan

Padepokan Seni Bagong Kussudiardja (PSBK) menggelar festival pertunjukan Gugus Bagong kali keduanya bertema TRANSISI secara daring. “Transisi” tidak dimaksudkan untuk merespon pandemi secara khusus. Tentu saja ia mempengaruhi proses penciptaan karya dan penyelenggaraan acara. Kami ingin beranjak dari situ. Kami mesti berjingkat dan memainkan strategi kerja di level teknis dan pembacaan di level diskursif dalam mendekati Transisi. Kami mengartikulasikan Transisi melalui ragam pengertian, macam-macam jalur, sebagaimana keragaman ide, pandangan dan moda artistik di dalam karya-karya di Gugus Bagong 2020. 

 

Gugus Bagong turut memugarkan diri: bergerak maju dan memperluas jangkauan dengan memperkenalkan diri sebagai festival pertunjukan yang menghadirkan pertunjukan baik menurut definisi mapan, maupun pertunjukan yang secara definisi masih terus dikembangkan. Di saat yang sama, usaha mewujudkan festival pertunjukan ini tidak hanya melalui presentasi karya saja, namun juga melalui pameran arsip kritik pertunjukan, serta ruang dialog interaktif yang membahas seluk-beluk di balik layarnya. Melalui program-programnya, Gugus Bagong berusaha membaca kondisi di dalam ekosistem pertunjukan yang kami anggap sedang krisis dan meminta perhatian.

 

Persiapannya meliputi proses penciptaan karya, produksi alih media pertunjukan, alih wahana festival dan pameran arsip. Penayangan 4 karya pertunjukan, pameran 40 kliping arsip dan 7 sesi dialog interaktif dilaksanakan pada 18-21 November 2020 dapat diakses di gugusbagong.psbk.or.id

Profil Penerima

Padepokan Seni Bagong Kussudiardja (PSBK) dibangun dan didirikan pada tahun 1978 oleh Bagong Kussudiardja di Kab. Bantul, D.I. Yogyakarta. Sejak awal berdiri, PSBK memusatkan perhatian pada pertumbuhan dan pengembangan nilai seni, baik yang berbentuk keindahan hidup bersama maupun karya. PSBK memakai metode belajar aktif-partisipatif yang menjembatani proses kerjasama  seniman dan masyarakat untuk bersama-sama memanfaatkan kesenian untuk mencapai kehidupan yang bermartabat dan beradab.

 

Yayasan Bagong Kussudiardja (YBK) didirikan pada tahun 2004, setelah Bagong Kussudiardja wafat. Lembaga nirlaba ini secara hukum bertindak sebagai wakil Bagong Kussudiardja Estate dan pengelola art center PSBK, dengan tujuan melestarikan dan mengembangkan warisan fisik dan non-fisik PSBK beserta nilai belajar Bagong Kussudiardja.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Komplek Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Jalan Jenderal Sudirman, Senayan
Jakarta Pusat, 10270
Saluran Informasi

Telepon 021 5703303/57903020 ext. 2115
Faksimili 021 57333125
Email kebudayaan@kemdikbud.go.id