📃 Jelajah Budaya Lintas Agama “Merajut Toleransi Antar Umat Beragama Melalui Jalan Budaya”

📋 Komunitas Brangwetan

Pendayagunaan Ruang Publik
Diajukan Rp 204.129.000
4 - 6 September 2020
Disetujui Rp 204.129.000
komunitasbrangwetan@gmail.com

Profil Kegiatan

Program ini berangkat dari suatu pemikiran bahwasanya seni budaya bukan hanya sebagai sarana rekreasi dan ekspresi artistik belaka melainkan dapat menjadi perekat bagi kerukunan antar-umat yang berbeda beragama. Karena itu dibuat program untuk memaksimalkan pemanfaatan bangunan-bangunan tempat beribadah sehingga bukan hanya memiliki fungsi sebagai sarana ritual beragama belaka melainkan sebagai tujuan wisata dan aktivitas seni budaya, bahkan bagi pemeluk agama lainnya. Dengan demikian diharapkan dapat tercipta pemahaman bahwa seni budaya dapat menjadi sarana perekat jaringan komunitas generasi muda lintas-agama.

 

Bentuk acaranya berupa Jelajah Budaya ke tempat-tempat ibadah 6 (enam) agama  dan 1 (satu) sanggar penganut Kepercayaan sebagai sebuah Pusaka Budaya.  Di masing-masing tempat itu disambut dengan kesenian yang sesuai dengan agama/kepercayaan masing-masing. Peserta terdiri dari kalangan remaja/pemuda lintas agama/kepercayaan sebanyak 31 (tiga puluh satu) orang.

 

Pada malam harinya diselenggarakan “Srawung Budaya Pancasila”, dengan materi terkait dengan kebudayaan, Pancasila dan keberagaman, dengan tujuan memberikan bekal/wawasan yang luas dan komprehensif. Kemudian peserta melakukan penyusunan Rekomendasi/Deklarasi sebagai komitmen dalam mengedepankan sikap toleransi dan menyosialisasikan Pancasila, terutama di kalangan generasi muda. Selanjutnya, penerbitan buku laporan kegiatan yang dilengkapi dengan profil bangunan tempat-tempat ibadah masing-masing agama sebagai sebuah pusaka budaya (Cultural Heritage), prosiding ceramah dan diskusi serta rekomendasi acara.

 

Profil Penerima

Berdiri secara informal 2 Oktober 2007, semula kegiatannya melakukan persebaran informasi kesenian di Jawa Timur. Tahun 2017 disahkan menjadi badan hukum dengan akte notaris sebagai Perkumpulan, dengan nama “Komunitas Seni Budaya Brangwetan.” Kegiatannya melakukan workshop, Wisata Budaya, diskusi/sarasehan, pergelaran kesenian, Pendampingan Pelajar untuk program Cinta Budaya dll.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Komplek Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Jalan Jenderal Sudirman, Senayan
Jakarta Pusat, 10270
Saluran Informasi

Telepon 021 5703303/57903020 ext. 2115
Faksimili 021 57333125
Email kebudayaan@kemdikbud.go.id