📃 Film Dokumenter “Sekolah Adat Sang Penjaga Kebudayaan”

📋 Stephanus Mulyadi

Dokumentasi Karya/Pengetahuan Maestro
Diajukan Rp 222.278.300
September - Desember 2020
Disetujui Rp 222.278.300
stephanus_mulyadi@yahoo.de

Profil Kegiatan

Karya ini berupa sebuah film dokumenter tentang pelestarian budaya di Sekolah Adat Dayak Kantuk Tua’ Sangau di komunitas Masyarakat Adat Dayak (MAD)  Kantu’ desa Sungai Uluk dan Sekolah Adat Togung Tebirung di komunitas MAD Pangin Orung Da’an di dusun Nanga Arong, Kapuas Hulu, Kalbar. Film dokumenter ini bercerita tentang berbagai aktivitas pelestarian budaya di Sekolah Adat, seperti adat penyambut tamu, belajar seni-budaya, kerajinan tradisional, system kepercayaan, karifan lokal, system pengelolaan lingkungan hidup dan penghormatan terhadap alam sebagai ruang hidup yang telah dijalani Masyarakat Adat dari generasi ke generasi.

 

Film dokumenter dipilih karena menampilkan secara audio visual karya dan pengetahuan Masyarakat Adat, agar dengan demikian bisa dipelajari, dipromosikan dan direplikasi oleh masyarakat luas dan generasi selanjutnya. Pembuatan film dokumenter ini dilakukan secara riil di lapangan. Artinya perekaman langsung mengikuti kegiatan keseharian Sekolah Adat. Contohnya syuting di Sekolah Adat Togung Tebirung  bahkan harus sampai ke hutan, di lokasi air terjun yang jauhnya sekitar 3 jam jalan kaki dari kampung. Hasilnya adalah sebuah film dokumenter yang menggambarkan bagaimana kedua sekolah adat tersebut telah berhasil melestarikan seni budaya dan kearifan lokal di dua sub suku Dayak tersebut. Kegiatan pendokumentasian itu dilaksanakan bulan September sampai Desember 2020.

Profil Penerima

Stephanus Mulyadi. Lahir di Laung, Kapuas Hulu, Kalimantan Barat, 16 Nopember 1966. Pendidikan S1 Sastra lulus di Universitas Sanata Dharma Yogyakarta. S2 Master of Science di Universitas Tehnik Dresden, Jerman. Aktif sebagai pegiat film dokumenter seni dan budaya lokal khususnya budaya Dayak di Kabupaten Kapaus Hulu, Kalimantan Barat.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Komplek Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Jalan Jenderal Sudirman, Senayan
Jakarta Pusat, 10270
Saluran Informasi

Telepon 021 5703303/57903020 ext. 2115
Faksimili 021 57333125
Email kebudayaan@kemdikbud.go.id