📃 Tubaba International Bamboo Festival

📋 Komunitas Sekolah Seni Tubaba

Pendayaagunaan Ruang Kultural
Diajukan Rp 923.010.000
6 s.d. 8 November 2020
Disetujui Rp 757.660.000
bif.tubaba2020@gmail.com

Profil Kegiatan

Tubaba International Bamboo Festival (TIBF) merupakan gelaran yang menjadikan bambu sebagai pokok bahasan (subject matter). Di dalamnya didistribusikan pengetahuan bambu dengan spektrum yang luas: arsitektur, seni kriya, seni pertunjukan, kuliner dan pengetahuan tradisional. Festival ini memiliki sejumlah agenda, yaitu: Penerbitan buku, pameran, workshop, seni pertunjukan, penanaman pohon bambu dan permainan rakyat. Diselenggarakan oleh Sekolah Seni Tubaba dengan dukungan dari Kemdikbud, Pemda Tubaba. Festival ini dikuratori oleh Gede Kresna.

 

Sejumlah partisipan luar negri akan terlibat dalam pameran dengan tajuk “Parametric in Bamboo” merupakan karya-karya sketsa instalasi bambu hasil respon dari bubu-bubu Tubaba. Selain pameran partisipan luar negri akan berbagi konsep kekaryaan bambu mereka melalui perkuliahan (lecture) yang telah direkam secara khusus. Rekaman video ditayangkan sepanjang festival. Pameran kriya bambu melibatkan sejumlah lembaga, serta memamerkan sejumlah kerajinan tradisonal dari seluruh Sumatra dan bubu dari kampung-kampung tua di Tubaba.

 

Kegiatan ini menerapkan protokol kesehatan. Pada acara pembukaan dan penutupan panitia hanya mengundang tamu sejumlah 50% dari kapasitas ampi teater Ulluan Nughik. Panitia menyiapkan 1000 masker, hand sanitizer dan alat pendeteksi suhu yang memadai.  

Profil Penerima

Komunitas Sekolah Seni Tubaba didirikan tahun 2016 di Tulang Bawang Barat (Tubaba). Saat ini sudah beranggotakan 50 orang. Komunitas ini berfokus pada bidang kebudayaan seperti arsitektur, teater, film, tari, musik, seni rupa, sastra, serta seni kriya. Selain menyelenggarakan kegiatan pelatihan seni untuk warga, pernah juga menginisiasi beberapa festival di Tubaba.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Komplek Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Jalan Jenderal Sudirman, Senayan
Jakarta Pusat, 10270
Saluran Informasi

Telepon 021 5703303/57903020 ext. 2115
Faksimili 021 57333125
Email kebudayaan@kemdikbud.go.id