📃 Selasar Nusantara: "Habar Matan Banjar "

📋 Rumah Banjarsari

Penciptaan Karya Kreatif Inovatif
Diajukan Rp 529.298.000
8 - 10 Oktober 2020
Disetujui Rp 376.225.000
rumahbanjarsari@gmail.com

Profil Kegiatan

Selasar Nusantara ke 4 dengan mempersembahkan “Habar Matan Banjar” (Kabar/Cerita dari Banjar) kebudayaan adat Banjar Kalimantan Selatan. Sebuah adat suku bangsa Banjar yang berasal dari daerah Banjar yang merupakan pembauran masyarakat beberapa daerah aliran sungai yaitu Das Bahan, Das barito, Das Martapura dan DAS Tabanio. Dan dari daerah pusat budayanya ini- Kalimantan selatan. Suku Banjar sejak berabad-abad yang lalu bergerak secara meluas melakukan migrasi secara sentrifugal atau secara lompat katak ke berbagai daerah di Nusantara hingga ke Madagaskar. (source : wikipedia)

 

Selasar Nusantara ini adalah sebuah usaha melting pot antara budaya-budaya bangsa yang ada di Indonesia untuk saling mengenal satu sama lain secara langsung, dan output yang lain dengan cara kreatif maanfaatnya tidak hanya berhenti disitu, melainkan menjadi stimulus lahirnya ide-ide baru yang bersifat pluralis karena akan terjadi tukar tambah pengetahuan antar budaya.

Profil Penerima

Rumah Banjarsari dimaksudkan sebagai sebuah kantong kebudayaan di Kota Surakarta, yang menggabungkan ruang publik dan ruang seni sebagai sebuah laboratorium sosial budaya yang dinamis. Orientasi utama dalam kegiatan dan programnya adalah mengipayakan kemanfaatan dan dampak yang bisa dirasakan oleh masyarakat, utamanya masyarakat sekitar Rumah Banjarsari baik dampak sosial, ekonomi maupun budaya melalui pendekatan multi interdisipliner. Sejarah Rumah Banjarsari berproses sejak awal 2017 dan sepakat secara resmi menetapkan tanggal 30 Juli 2017 sebagai tanggal berdirinya. Rumah Banjarsari merupakan rumah tua peninggalan Belanda milik kerabat keluarga Mangkunegaran dengan arsitektur yang dipengaruhi oleh budaya Indis. Dalam membangun Rumah Banjarsari menjadi sebuah kantong kebudayaan berbentuk ruang publik dan seni, proses dilakukan secara bertahap dengan prinsip gotong royong dan berbasis kekuatan komunitas.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Komplek Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Jalan Jenderal Sudirman, Senayan
Jakarta Pusat, 10270
Saluran Informasi

Telepon 021 5703303/57903020 ext. 2115
Faksimili 021 57333125
Email kebudayaan@kemdikbud.go.id