📃 Workshop and Performing Tour Wayang Suket Indonesia 1.0 (JAVA) 2020

📋 Wayang Suket Indonesia

Pendayagunaan Ruang Publik
Diajukan Rp 251.869.000
26 Oktober – 26 Desember 2020
Disetujui Rp 251.869.000
wayangsuketindonesia@gmail.com

Profil Kegiatan

Kegiatan “Workshop And Performing Tour Wayang Suket Indonesia 1.0 (Java) 2020” yaitu melakukan workshop pembuatan Wayang Suket secara gratis di sekolah, acara CFD, dan art space yang ada di Pulau Jawa serta melakukan pertunjukan Wayang Suket sederhana se-Jawa. Kami membuat workshop dan pementasan Wayang Suket di beberapa kota besar di Jawa, yaitu Surakarta, Semarang, Pekalongan, Tegal, Cirebon, Subang, Purwakarta, Bekasi, Jakarta, Tangerang, Bogor, Palabuhan Ratu, Pangalengan, Bandung, Tasik, Purwokerto, Purbalingga, Banjarnegara, Wonosobo, Magelang, Jogja, Kudus, Rembang, Tuban, Lamongan, Surabaya, Pasuruan, Probolinggo, Situbondo, Banyuwangi, Jember, Lumajang, Malang, Kediri, Tulungagung, Ponorogo, Pacitan, dan Tawangmangu. Selain di sekolahan dan art space di Jawa, kami juga akan menyelenggarakan workshop Wayang Suket di acara Car Free Day (CFD) di beberapa kota tersebut.

 

Salah satu alasan kenapa kegiatan ini dilakukan yaitu karena keberadaan Wayang Suket yang merupakan salah satu warisan kesenian budaya dan kearifan lokal Bangsa Indonesia ini mulai “punah dan perlu dilestarikan kembali. Kegiatan ini dilakukan mulai tanggal 26 Oktober 2020 hingga 26 Desember 2020. Kegiatan ini dilakukan oleh 2 orang (1 puppeteer dan 1 musisi) dengan menggunakan sepeda motor. Di setiap kota kami membuat minimal 1-2 kali workshop Wayang Suket. Jumlah peserta workshop tiap sesinya maksimal 30 peserta. Workshop dilakukan secara gratis, bahan dan alat sepenuhnya kami sediakan. Materi workshop yang kami berikan meliputi sejarah, filosofi, bentuk, dan keberadaan Wayang Suket di Indonesia saat ini.

 

Diakhir workshop kami membuat pementasan Wayang Suket sederhana yang melibatkan beberapa peserta workshop dalam pementasan. Kami juga melakukan diskusi bersama tentang workshop Wayang Suket yang telah dilakukan dan pemberian souvenir berupa kaos dan wayang suket sebagai reward kepada beberapa peserta workshop. Selama perjalanan kami juga akan melakukan pengumpulan data dan penelitian terkait dengan cerita rakyat Indonesia di tiap-tiap kota yang kami singgahi untuk digunakan sebagai materi pementasan Wayang Suket.

Profil Penerima

Kami adalah kelompok kecil bernama “Wayang Suket Indonesia”. Kami mencoba mengangkat kembali dan melestarikan Wayang Suket yang merupakan salah satu warisan kesenian budaya dan kearifan lokal Bangsa Indonesia. Wayang Suket adalah wayang yang terbuat dari rumput yang merupakan sebuah kesenian budaya dari daratan Jawa, lebih tepatnya dari Jawa Timur dan Jawa Tengah. Visi kami adalah ingin menunjukan kepada dunia bahwa Indonesia mempunyai Wayang Suket - sebuah warisan kesenian budaya dan kearifan lokal bangsa Indonesia yang sangat mengagumkan. Kami mempunyai beberapa aktivitas, antara lain melakukan pertunjukan Wayang Suket dengan membawakan cerita rakyat dari Indonesia, melakukan workshop pembuatan Wayang Suket, dan melakukan pameran Wayang Suket

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Komplek Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Jalan Jenderal Sudirman, Senayan
Jakarta Pusat, 10270
Saluran Informasi

Telepon 021 5703303/57903020 ext. 2115
Faksimili 021 57333125
Email kebudayaan@kemdikbud.go.id