📃 Pertunjukan Daring Tradisi Lisan Minangkabau “Marantang Curito”

📋 Eka Meigalia

Pendayagunaan Ruang Publik
Diajukan Rp 227.275.000
November 2020
Disetujui Rp 217.970.000
ekameigalia@gmail.com

Profil Kegiatan

Project ini berbentuk pertunjukan tradisi lisan Minangkabau yang disiarkan secara langsung (live streaming) melalui media social (Instagram, Facebook, dan Youtube). Kegiatan ini dilaksanakan dengan dasar pemikiran bahwa kegiatan pertunjukan tradisi lisan tetap bisa dilaksanakan dengan memanfaatkan fitur yang ada di media sosial, yaitu fitur siaran langsung serta kolom chat sebagai sarana interaksi antar penonton dengan penampil. Selain melaksanakan pertunjukan tradisi lisan yang disiarkan secara langsung, dalam project ini juga diselenggarakan workshop penguatan tradisi lisan yang sasaran utamanya adalah para pekerja seni itu sendiri, juga para peneliti, pemerhati budaya, serta masyarakat umum.

 

Tujuannya adalah agar setelah kegiatan ini banyak pihak, khususnya para pekerja seni yang dapat memanfaatkan fitur-fitur yang ada di media sosial sebagai sarana beraktifitas dan mempublikasikan karyanya. Melalui pelaksanaan project ini, penampil maupun penonton sangat antusias. Tingginya apresiasi terlihat dari tingginya jumlah tayangan yang telah dilihat, serta banyaknya komentar yang bernada positif. Tradisi lisan yang ditayangkan melalui media sosial dapat disiarkan dan dinikmati oleh banyak pihak dari berbagai belahan dunia.

Profil Penerima

Dosen di Jurusan Sastra Minangkabau, Fakultas Ilmu Budaya Universitas Andalas. Fokus terhadap pengkajian dan juga upaya pemajuan, pemertahanan, dan penguatan tradisi lisan, khususnya tradisi lisan di Minangkabau. Selain aktif sebagai pengurus Asosiasi Tradisi Lisan (ATL) Propinsi Sumatera Barat, juga telah menghasilkan beberapa penelitian dan publikasi ilmiah terkait dengan bidang tradisi lisan.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Komplek Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Jalan Jenderal Sudirman, Senayan
Jakarta Pusat, 10270
Saluran Informasi

Telepon 021 5703303/57903020 ext. 2115
Faksimili 021 57333125
Email kebudayaan@kemdikbud.go.id