📃 Festival Film Dokumenter 2020

📋 Forum Film Dokumenter

Pendayagunaan Ruang Publik
Diajukan Rp 998.900.000
25 November – 14 Desember 2020
Disetujui Rp 718.960.000
forum@ffd.or.id, festival@ffd.or.id

Profil Kegiatan

Festival Film Dokumenter (FFD) merupakan program tahunan yang dirancang oleh Forum Film Dokumenter sebagai bentuk komitmen menghadirkan ruang diskusi tentang isu sosial yang faktual melalui medium film dokumenter, sekaligus ruang pertemuan dan interaksi bagi pegiat film dengan masyarakat luas dalam ekosistem sinema yang lebih luas. Komitmen ini dibagun dengan kepercayaan bahwa film dokumenter mampu menjadi sumber pengetahuan dan sekaligus sebagai rekaman atas realitas kehidupan manusia, kolektif, ataupun sebuah bangsa.

 

FFD 2020 diselenggarakan pada 25 November – 14 Desember 2020 secara daring dan luring. Penyelenggaraan luring dilaksanakan di Yogyakarta sebagai bentuk simulasi pemutaran fisik yang menerapkan protokol kesehatan. FFD menyiasati bentuk keterbatasan akibat pandemi dengan mengoptimalkan teknologi untuk mengeksplorasi berbagai interaksi, yakni menghadirkan festival daring yang memanfaatkan website sebagai basis utama informasi dan sajian program kepada masyarakat. Dengan membangun platform ekshibisi, film dokumenter yang telah dikurasi dan rangkain program lainnya dapat diakses oleh publik secara mudah tanpa sekat geografis. Sebagai salah satu komitmen terhadap inklusifitas, FFD juga mengakomodir aksesibitas dalam setiap programnya.

 

Tahun ini program yang dirancang antara lain adalah Kompetisi, Perspektif, Retrospektif, Lanskap, Disksusi & Public Lecture, Ekshibisi VR, serta Lokakarya. Keseluruhan program dapat diikuti oleh peserta/penonton dalam negeri maupun Internasional.

Profil Penerima

Forum Film Dokumenter adalah organisasi nirlaba yang berfokus pada pengembangan dokumenter sebagai medium ekspresi dan ekosistem pengetahuan melalui program ekshibisi, edukasi, distribusi, dan pengarsipan. Sejak tahun 2002, Forum Film Dokumenter berperan aktif dalam membuka kolaborasi antarpelaku dalam ekosistem perfilman Indonesia melalui medium dokumenter.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Komplek Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Jalan Jenderal Sudirman, Senayan
Jakarta Pusat, 10270
Saluran Informasi

Telepon 021 5703303/57903020 ext. 2115
Faksimili 021 57333125
Email kebudayaan@kemdikbud.go.id