📃 Ritual Baliatn: Kegiatan Pendokumentasian Ritual Baliatn

📋 Yudhistira Oscar Olendo

Pendayagunaan Ruang Publik
Diajukan Rp 750.000.000
6 - 16 Oktober 2020
Disetujui Rp 318.130.500
olendooscar@gmail.com

Profil Kegiatan

Ritual Baliatn merupakan satu diantara ritual adat tradisional yang dimiliki oleh masyarakat Dayak Kanayatn (Kalimantan Barat) yang dilaksanakan untuk tujuan tertentu. Misalnya untuk mengobati orang sakit, berkaitan dengan orang yang meninggal, dan mengucapkan rasa syukur atas apa yang sudah diperoleh dan memohon perlindungan Jubata untuk kegiatan-kegiatan ke depan selanjutnya. Ritual Baliatn dilaksanakan dengan persyaratan adat tertentu dan dalam pelaksanaannya disertai pula dengan alat peraga adat seperti Ua’ atau ayunan, kayu Marige, hewan persembahan, sesaji, dan perangkat adat lainnya. Prosesi Baliatn diiringi musik dengan alat-alat tradisional Dayak Kanayatn seperti Agukng, Dau, dan Tuma’. 

 

Pentingnya ritual Baliatn dilaksanakan dan didokumentasikan karena ritual Baliatn ini merupakan kebudayaan (ritual) yang sudah hampir tidak dikenal lagi oleh sebagian generasi muda (milenial) padahal ritual Baliatn ini merupakan nilai-nilai luhur yang tumbuh dan berkembang di daerah (Mempawah Hulu, Kabupaten Landak) yang merupakan juga puncak-puncak dari kebudayaan nasional sebagai aset budaya bangsa. Dokumentasi merupakan upaya pengarsipan, pelestarian, sehingga kebudayaan Dayak Kanayatn seperti ritual Baliatn ini tetap eksis, tumbuh, dan berkembang, serta lestari sebagai kebudayaan daerah dan nasional.

Profil Penerima

Yudhistira Oscar Olendo adalah seorang akademisi, peneliti, dan juga sebagai dosen pada Program Studi Pendidikan Seni Pertunjukan, FKIP, Universitas Tanjungpura. Aktif dalam berbagai studi musik, pendidikan musik, dan pertunjukan maupun riset tentang kebudayaan Dayak khususnya Dayak Kanayatn. 

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Komplek Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Jalan Jenderal Sudirman, Senayan
Jakarta Pusat, 10270
Saluran Informasi

Telepon 021 5703303/57903020 ext. 2115
Faksimili 021 57333125
Email kebudayaan@kemdikbud.go.id