📃 Festival Sastra Lontar "Literary Breaktrhough - Menembus Batas"

📋 Yayasan Lontar Nusantara

Pendayagunaan Ruang Publik
Diajukan Rp 856.000.000
23 - 28 Oktober 2020
Disetujui Rp 272.500.000
contact@lontar.org

Profil Kegiatan

Festival Sastra Lontar adalah salah satu wujud komitmen Yayasan Lontar Nusantara untuk terus mempromosikan sastra Indonesia ke panggung internasional. Tema “Literary Breakthrough – Menembus Batas” dan berlangsung dalam format daring dipilih sebagai sebentuk penerobosan pembatasan sosial pada masa pandemi Corona yang melanda dunia. Festival terdiri atas 23 acara, berupa ceramah, diskusi, obrolan sastra, pembacaan karya, peluncuran buku, pemutaran film profil sastrawan, panjang maupun pendek. Meliputi berbagai topik dalam sastra Indonesia, perbincangan karya kontemporer, klasik, hingga tradisi lisan, pembahasan karya penulis senior, penulis muda berbakat, karya-karya perempuan, penulis LGBT, karya berlatar etnik, unsur politik dalam sastra, hingga peran penerjemah dalam promosi karya sastra Indonesia ke panggung dunia.

 

Acara yang berlangsung lima hari, 11-15 November 2020, ini melibatkan 78 pengisi acara, terdiri atas para penulis sastra, peneliti, penerjemah, dari berbagai daerah di Indonesia (Jabodetabek, Sulawesi Selatan, Nusa Tenggara Timur, Bali, Jawa Barat, Yogyakarta, Jawa Timur, Nanggro Aceh Darussalam) dan dari mancanegara (Amerika, Australia, Inggris, Italia, Jerman, Singapura). Festival Sastra Lontar diselenggarakan bekerja sama dengan Jakarta Content Week 2020 yang diselenggarakan oleh Yayasan 17000 Pulau Imaji dan Frankfurt Book Fair agar akses dan promosi acara dapat menjangkau khalayak yang lebih luas lagi. Acara dilakukan secara daring dan disiarkan langsung secara streaming melalui situs web Jaktent.com dan hasil rekaman acara diunggah di akun YouTube Lontar Foundation agar dapat tetap diakses sesudah acara berlangsung. Selama lima hari pelaksanaan, acara telah disaksikan oleh 6.230 penonton.

Profil Penerima

Yayasan Lontar Nusantara adalah lembaga nirlaba yang didirikan di Jakarta sejak 1987. Bertujuan mempromosikan sastra dan budaya Indonesia ke lingkup internasional melalui kegiatan penerjemahan terutama ke bahasa Inggris, penerbitan, dan dokumentasi audio-visual sastra budaya Indonesia.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Komplek Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Jalan Jenderal Sudirman, Senayan
Jakarta Pusat, 10270
Saluran Informasi

Telepon 021 5703303/57903020 ext. 2115
Faksimili 021 57333125
Email kebudayaan@kemdikbud.go.id