📃 Galeri Kolaboratif - Virtual Arsitektur Nusantara

📋 Agung Sentausa

Pendayagunaan Ruang Publik
Diajukan Rp 960.000.000
Agustus - November 2020
Disetujui Rp 838.500.000
rayagungs@gmail.com

Profil Kegiatan

Penting untuk meningkatkan literasi dan apresiasi masyarakat terhadap aset budaya arsitektur di Indonesia sekaligus sebagai usaha pengarsipan yang mudah diakses oleh publik di Indonesia maupun oleh masyarakat internasional. Salah satu kelompok yang menginisiasi literasi dan edukasi mengenai hal ini adalah gerakan Rumah Asuh yang telah berkolaborasi bersama para pemangku kepentingan, dan dengan semangat gotong royong telah me-revamp lebih dari 30 situs: daerah Wae Rebo-Flores, beberapa rumah adat di Nias, pembangunan kembali rumah-rumah di desa adat Ratenggaro, Wainyapu, dan Rumah Budaya di Waetabula, Sumba Barat Daya dan Balai Pertemuan untuk Musyawarah Adat Lobo Ngata Toro di Sulawesi Tengah, dan lain-lain.


Mengingat begitu kaya aset budaya arsitektur di Indonesia, dan seiring dengan usaha pelestarian yang sedang dan terus akan dijalankan oleh komunitas Rumah Asuh, perlu dilakukan usaha untuk melengkapi ragam dokumentasi dan menularkan semangat yang telah dilakukan dalam rangka mendorong lebih banyak partisipasi aktif dari masyarakat terhadap kegiatan serupa.


Selain kegiatan pembuatan 10 artikel baru dengan beragam perspektif dan film dokumenter, untuk melibatkan partisipasi publik yang lebih luas kegiatan ini dirancang secara virtual dengan menghadirkan narasumber yang berperan aktif dalam bidang arsitektur di Indonesia. Melalui program rintisan Galeri Arsitektur Nusantara, diharapkan dalam jangka panjang akan bisa menjadi wadah terpadu yang bersifat kolaboratif, inklusif, dengan cakupan ragam arsitektur yang lebih luas.
 

Profil Penerima

Agung Sentausa adalah seorang sutradara film, sarjana lulusan arsitektur, yang memiliki ketertarikan pada isu seputar kota-desa dan sektor informal. Agung salah satu pendiri dari Salaka.Credu, sebuah organisasi yang fokus kepada pemberdayaan komunitas generasi muda di bidang kreatif. Sekarang Agung juga menjadi pengurus Badan Perfilman Indonesia.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Komplek Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Jalan Jenderal Sudirman, Senayan
Jakarta Pusat, 10270
Saluran Informasi

Telepon 021 5703303/57903020 ext. 2115
Faksimili 021 57333125
Email kebudayaan@kemdikbud.go.id