📃 Virtual 25th Yogyakarta Gamelan Festival 2020

📋 Komunitas Gayam16

Pendayagunaan Ruang Publik
Diajukan Rp 695.929.000
18 - 22 November 2020
Disetujui Rp 695.929.000
secret_g16@yahoo.com

Profil Kegiatan

25th Yogyakarta Gamelan Festival (YGF) berlangsung pada 18 sampai 22 November 2020. Tidak seperti biasanya yang digelar secara luring, 25th YGF yang digelar Komunitas Gayam16 dan didukung Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) bisa disaksikan secara langsung dengan konsep daring di www.YGFLIVE.com. Ada empat program yang dihadirkan dalam 25th YGF meliputi, pergelaran gamelan atau konser gamelan, rembug budaya, lokakarya budaya, dan pergelaran tari.

 

Untuk konser gamelan akan diikuti belasan penampil yang berasal dari Yogyakarta, luar Yogyakarta, dan luar negeri, seperti, Gamelan Keller (Prancis), Gamelan Kancil Arles (Prancis), Gamelan Larasati (Prancis), Rasamaya (Surakarta), Padhang Moncar Gamelan Group (New Zealand), Jody Diamond (USA), Sanggar Seni Jhung Rojhung (Pamekasan), Hai Definition x Gamelan Asmaradana (Singapura), Sanggar Tarara (Bangkalan), Sanggar Tari Guntur (Kota Kediri), Teater Kunbalangu (Mojokerto), Kiai Sorawatu (Majalengka), Sanggar Seni dan Budaya Panji Asmara (Cirebon), Omah Cangkem (Yogyakarta), Canda Nada (Yogyakarta), Gamelan Kemiri (Yogyakarta), Gamelan Mben Surup (Yogyakarta), dan Omah Gamelan (Yogyakarta). Selain itu juga penampilan tari dari Sanggar Seni Kinanti Sekar (Yogyakarta) dan Sangagr Kancil Art (Yogyakarta).

 

Semua program dijalankan secara daring, masing-masing penampil dari luar Yogyakarta mengirimkan karya atau penampilannya yang dibuat di daerah masing-masing, kemudian video itu disiarkan secara live dari studio broadcast yang sudah dipersiapkan dengan host untuk memandu acara ini. Sementara, penampil yang berasal dari Yogyakarta tampil di studio broadcast lalu disiarkan secara langsung.

Profil Penerima

Komunitas Gayam16 adalah komunitas seni yang mewadahi para pemain gamelan dan pecinta gamelan. Kegiatan kami adalah event production, event management dan kursus/belajar gamelan. Kantor kami di Yogyakarta, Indonesia. Gayam 16 lahir dari ide Sapto Raharjo yang berkeinginan mewujudkan keinginan para pecinta dan pemain gamelan di dunia untuk mengadakan sebuah pertemuan tahunan bagi seluruh pemain dan pecinta gamelan agar dapat saling bertukar pikiran dan mengembangkan budaya tradisi. Pertemuan para pecinta dan pemain gamelan tersebut diwujudkan dalam sebuah event bernama Yogyakarta Gamelan Fetival yang merupakan aktivitas tahunan komunitas Gayam16 dari tahun 1995.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Komplek Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Jalan Jenderal Sudirman, Senayan
Jakarta Pusat, 10270
Saluran Informasi

Telepon 021 5703303/57903020 ext. 2115
Faksimili 021 57333125
Email kebudayaan@kemdikbud.go.id