📃 Dokumentasi Karya – Film Dokumenter Maestro Tari Didik Nini Thowok “GURU”

📋 Stanislaus Kostka Juliarto Eko Poernawan

Dokumentasi Karya/Pengetahuan Maestro
Diajukan Rp 378.990.000
21 September - 20 November 2020
Disetujui Rp 378.990.000
jep.edit@gmail.com

Profil Kegiatan

Didik Nini Thowok sangat terkenal sebagai maestro penari dari Indonesia dengan multi talentnya. Dia dikenal interpretasinya dalam tarian tradisional dari berbagai wilayah di Indonesia dengan  kemurnian gerakan karya Didik Nini Thowok sendiri yang telah diakui secara Internasional. Didik Nini Thowok, memiliki kesetiaan yang begitu tinggi dalam dunia seni pertunjukan. Tetapi, sebagai seorang seniman tentunya, ada perjalanan hidup yang tidak pernah terbayangkan. Bahwa menjadi seniman itu pilihan, namun dibalik gemerlap dunia seni pertunjukan yang ditekuni, tentu ada begitu banyak cerita yang tidak tersampaikan.
 

Secara visual film ini akan menempatkan anak anak, pelajar dan mahasiswa bahkan pelaku dunia kesenian, untuk bisa memperoleh pengetahuan secara langsung apa yang selama ini dilakukan oleh maestro Didik Nini Thowok. Diharapkan dengan kegiatan Produksi Film ini, akan mendorong kesadaran dalam diri masyarakat tentang pentingnya menjaga ragam bentuk seni, baik itu seni tradisi yang membangun budaya nasional dan ragam seni pertunjukan yang ada di dalamnya.

Profil Penerima

Stanislaus Kostka Juliarto Eko Poernawan merupakan seorang produser dan produser pelaksana yang kerap memproduksi film dokumenter. Bersama dokumentaris, Tonny Trimarsanto, dalam produksi film dokumenter ini ia berharap agar memberikan inspirasi bagi masyarakat penonton, khususnya siswa, mahasiswa, pelaku seni, seniman, masyarakat pada umumnya dan para pengambil kebijakan yang terus menerus mempunyai nilai kerja keras, peduli dan tanggung jawab dalam mengembangkan kesenian tradisional dan seni pertunjukan.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Komplek Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Jalan Jenderal Sudirman, Senayan
Jakarta Pusat, 10270
Saluran Informasi

Telepon 021 5703303/57903020 ext. 2115
Faksimili 021 57333125
Email kebudayaan@kemdikbud.go.id