📃 UCAP – Pengarsipan Bahasa dan Cerita di Indonesia

📋 Merio Falindra

Penciptaan Karya Kreatif Inovatif
Diajukan Rp 188.550.000
Oktober – Desember 2020
Disetujui Rp 188.550.000
merio.falindra@gmail.com

Profil Kegiatan

Ucap adalah inisiatif pendokumentasian dan perekaman bahasa-bahasa lokal di Indonesia dalam bentuk video yang tercatat sebagai bahasa daerah/bahasa ibu. Bahasa-bahasa tersebut akan diarsipkan dalam bentuk cerita-cerita rakyat yang dituturkan dengan Bahasa dan penutur aslinya. Selain mengarsipkan bahasa, dalam waktu yang bersamaan inisiatif ini juga sekaligus mengarsipkan cerita-cerita daerah tersebut. Banyak bahasa yang yang jumlah penuturnya terus berkurang, sehingga mengarsipkan dan mendokumentasikan bahasa-bahasa tersebut dalam bentuk video dirasa penting dan mendesak. Video dipilih karena saat ini video adalah medium yang cukup cair, lagi pula, sebagian dari bahasa-bahasa lokal di Indonesia juga memiliki gestur dan mimik sebagai bagian dari bahasa tersebut tanpa memiliki bentuk tulis.

 

Indonesia sangat kaya akan bahasa dan budaya. Tercatat setidaknya ada 718 bahasa lokal yang dipakai di Indonesia, dan masing-masing bahasa membawa pengetahuan lokal yang sangat kaya dan berbeda beda. Bahasa sebagai pembawa pengetahuan ini memiliki peran penting dalam keberlangsungan kehidupan sebagai komunitas kecil maupun sumbangsihnya dalam pengetahuan secara global.

Profil Penerima

Merio Falindra adalah seorang multidisipliner yang selalu tertarik kepada film dan kesenian. Merio banyak bekerja untuk film-film dokumenter internasional sebagai manajer produksi dan bagian riset. Merio juga selalu tertarik dengan bentuk-bentuk pengarsipan. Baginya, arsip adalah salah satu pondasi besar dalam membangun sebuah peradaban. Merio juga tertarik dengan seni media baru yang diwujudkannya dalam Project Okular

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Komplek Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Jalan Jenderal Sudirman, Senayan
Jakarta Pusat, 10270
Saluran Informasi

Telepon 021 5703303/57903020 ext. 2115
Faksimili 021 57333125
Email kebudayaan@kemdikbud.go.id