๐Ÿ“ƒ Maestro Paes Ageng, Perias Sang Bidadari

๐Ÿ“‹ J Pambudi Kusumo Raharjo

Dokumentasi Karya/Pengetahuan Maestro
Diajukan Rp 269.699.999
November 2020
Disetujui Rp 278.499.000
jpkusumo@gmail.com

Profil Kegiatan

Karya film pendek sepanjang 37 menit ini mengupas seorang tokoh yang telah lama melakoni periasan pengantin adat Jawa Mataraman yang disebut Paes Ageng. Sejak tahun 1989 ibu Kinting Handoko menikmati perannya sebagai perias pengantin adat Jawa.  Ibu Kinting juga berupaya meneruskan ilmunya melalui sanggar pelatihan riasan tradisional sebagai pelestarian ilmu Paes Ageng kepada para perias muda. Paes Ageng yang dulunya hanya dipakai oleh pengantin keluarga raja Ngayogyakarta Hadiningrat, akhirnya diperbolehkan oleh Hamengku Buwono IX untuk dipakai masyarakat luas supaya lebih lestari.

 

Sejarawan dan filolog KRT Manu yang mempelajari pakem Paes Ageng, bersumberkan dari kitab lontar kuno Purwo Ukoro yang beraksara Bali kuno,  mengungkapkan adanya distorsi budaya Paesan Ageng modern dibandingkan pakem awal yang tertulis di lontar tersebut. Beliau adalah sedikit orang yang mempelajari dan mampu membaca sekaligus menerjemahkan lontar-lontar kuno tersebut.

 

Di sisi lain, Dr. Wigung, pelaku budaya dan dalang, mengupas pendapat masyarakat umum mengenai Paes Ageng dan minat menggunakan Paes Ageng di jaman modern ini. Budayawan yang dekat dengan kehidupan kraton, Ibu Marie, memberikan pandangan atas pergeseran dan pencampuran budaya paes Ageng dengan budaya Sunda dan Solo. Dalam Paes Ageng setiap asesoris, busana dan guratan riasan semuanya sarat makna filosofis berupa harapan dan doa kebaikan untuk pasangan pengantin pemakainya.

Profil Penerima

Johannes P Kusumo, adalah seorang pembuat film dokumenter yang peduli pada budaya-budaya lokal yang tergerus dan akan terlupakan. Dengan kepedulian untuk bisa memberikan sajian audio-visual kepada generasi mendatang, mengingatkan dan mendokumentasikan budaya-budaya adiluhung negeri sebelum punah tertinggal jaman. Beberapa karyanya telah ditayangkan di banyak jaringan televisi luar negeri.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Komplek Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Jalan Jenderal Sudirman, Senayan
Jakarta Pusat, 10270
Saluran Informasi

Telepon 021 5703303/57903020 ext. 2115
Faksimili 021 57333125
Email kebudayaan@kemdikbud.go.id