📃 Diskografi Tembang Didi Kempot: Sebuah Persembahan untuk Sang Maestro Campursari

📋 Oni Andhi Asmara, M.Hum

Dokumentasi Karya/Pengetahuan Maestro
Diajukan Rp 56.058.445
Oktober – Desember 2020
Disetujui Rp 50.373.000
aoniandhi@gmail.com

Profil Kegiatan

Bentuk kegiatan ini adalah berupa Kegiatan ini berupa pengumpulan tembang karya-karya Didi Kempot dari lagu pertama hingga lagu terakhir dalam sebuah buku katalog luxury. Hasil penelitian akan dibukukan dalam sebuah buku diskografi karya dengan mengedepankan unsur kronologis untuk memudahkan pembaca dalam mengenang dan bernostalgia dengan karya-karya Didi Kempot.  Selain karya, diskografi ini juga akan mengulas riwayat penting Didi Kempot semasa hidup dari mulai menjadi pengamen jalanan hingga menjadi musisi yang terkenal secara nasional maupun internasional.

 

Kegiatan pembuatan diskografi karya Didi Kempot akan dilakukan mulai dari tanggal 1 Oktober 2020 - 1 Desember 2020 dengan melibatkan beberapa orang tim peneliti. Penelitian dan pembuatan diskografi akan dilakukan di wilayah Kota Solo karena kediaman dan panggung perjuangan awal Didi Kempot diawali di kota tersebut. Pembuatan diskografi akan melibatkan narasumber kunci yang berasal dari keluarga dan rekan seperjuangan Didi Kempot. Tim juga akan melacak perjalanan karya melalui studi rekaman dan surat kabar lokal Solo yang akan banyak menyimpan arsip-arsip karya Didi Kempot.

Profil Penerima

Oni Andhi Asmara, lahir di Wonogiri pada tanggal 30 April 1994. Penulis menyelesaikan studi strata 1 pada tahun 2015, program studi Pendidikan Sejarah di Universitas negeri Semarang (UNNES). Pada tahun 2020, penulis menyelesaikan studi strata 2 Jurusan Sejarah di Universitas Diponegoro (UNDIP). Penulis aktif dalam komunitas pegiat sejarah Kabupaten Semarang. Tahun 2018 penulis pernah bekerjasama dengan Direktorat Sejarah dalam penulisan buku “Ambarawa Kota Perjuangan” yang ditulis bersama tim Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGM)P Sejarah SMA Kabupaten Semarang. Pada tahun 2019, penulis bekerjasama kembali dengan Direktorat Sejarah untuk mengadakan Festival Sejarah Kabupaten Semarang tahun 2019 sebagai ketua panitia. Penulis saat ini aktif mengajar sebagai guru sejarah di SMAN 1 Ungaran.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Komplek Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Jalan Jenderal Sudirman, Senayan
Jakarta Pusat, 10270
Saluran Informasi

Telepon 021 5703303/57903020 ext. 2115
Faksimili 021 57333125
Email kebudayaan@kemdikbud.go.id