📃 Buku Antologi Drama Kesenian Tradisi Mendu Karya Satarudin Ramli

📋 Muhamad Faozi Yunanda, S.Sn., M.Sn

Dokumentasi Karya/Pengetahuan Maestro
Diajukan Rp 168.350.000
September – November 2020
Disetujui Rp 117.600.200
ozzyyunan@gmail.com

Profil Kegiatan

Proyek ini sebagai bentuk semangat untuk mengarsipkan sekaligus mengangkat kembali karya maestro Satarudin Ramli yang tentunya memiliki dedikasi tinggi terhadap kesenian tradisi khusunya kesenian tradisi Mendu. Hasil dari proyek ini berupa buku antologi yang berisi kumpulan karya sastra dalam bentuk naskah drama yang dibuat khusus untuk pentas kesenian tradisi Mendu. Selain itu, buku ini juga berisi tentang sekilas sejarah dan bentuk kesenian. Di akhir buku ada dokumentasi pentas yang pernah dilakukan. Proses desain pengemasan buku melibatkan seniman muda lokal Kota Pontianak yang konsentrasi terhadap seni desain. Berdiskusi bagaimana desain pengemasan buku ini mulai dari desain cover, layout, ilustrasi, dan yang terakhir pengemasan agar desain buku dapat lebih mengikuti zaman tetapi kesan tradisi tidak hilang. Kemudian untuk distribusi buku, tim mendata dan membuat daftar distribusi agar buku ini dapat tepat sasaran. Tujuan pertama distribusinya adalah institusi pendidikan agar dapat menjadi materi pembelajaran. Mulai dari SMP, SMA, SMK, beberapa perguruan tinggi. Kemudian buku ini juga didistribusikan kepada komunitas/sanggar seni, seniman, dan pihak keluarga maestro.

 

Kesenian tradisi  Mendu tentunya memiliki nilai-nilai dan pesan-pesan luhur. Harapannya adalah karya ini mudah untuk dilacak dan diakses sehingga karya-karya Satarudin Ramli dapat diangkat kembali untuk dikenalkan kepada masyarakat yang lebih luas terutama kepada generasi muda hari ini.

Profil Penerima

Muhamad Faozi Yunanda seorang pelaku seni yang berproses dalam seni pertunjukan khusunya seni teater. Berkesenian teater mulai dari sekolah menengah pertama kemudian mulai konsisten meneruskannya dengan studi hingga gelar magister untuk konsentrasi penciptaan seni teater. Bagian dari Pituah Enggang Institute sebuah ruang kesenian yang konsentrasinya penciptaan dan penelitian seni.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Komplek Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Jalan Jenderal Sudirman, Senayan
Jakarta Pusat, 10270
Saluran Informasi

Telepon 021 5703303/57903020 ext. 2115
Faksimili 021 57333125
Email kebudayaan@kemdikbud.go.id