📃 Pameran Seni Rupa Kembulan #3 “Nguwongke”

📋 Abdullah Anzib

Pendayagunaan Ruang Publik
Diajukan Rp 493.164.000
4 – 11 November 2020
Disetujui Rp 493.164.000
kalibum34@yahoo.com

Profil Kegiatan

Pameran seni rupa Kembulan merupakan event tahunan (digelar setiap tahun sekali) bertempat di Yogyakarta. Pameran seni rupa Kembulan secara tematik mengangkat hal-hal lokal-kultural. Tujuannya adalah ingin mendekatkan masyarakat dengan idiom-idiom kesenian dan kebudayaan dengan cara melibatkan seniman/perupa dari berbagai latar belakang, suku/ras, disiplin, agama dalam rangka mewujudkan partisipasi pengembangan kualitas literasi kesenian dan kebudayaan di masyarakat, atau bentuk tindakan yang berkesinambungan dengan agama, kesenian dan kebudayaan. Hal ini menjadi manifestasi penting mengingat kesenian sebagai sarana untuk mendekatkan diri kepada jalan illahiah.

 

Pameran seni rupa Kembulan #3 kali ini mengusung tema “Nguwongke” merupakan ikhtiar  bersama untuk memanusiakan manusia (Nguwongke), memuliakan manusia dan alam semesta (dirawat) tidak hanya raganya, tapi juga jiwanya.  Hari ini banyak peradaban di muka bumi yang mengalami kerapuhan dan kemanusiaan manusia justru menjadi tumbal ketika suku, ras, agama yang disandarkan hanya menggunakan kesadaran logika dijadikan kendaraan politik untuk meraih kekuasaan – sementara kekuasaan tidak pernah meninggalkan welas asih dan perdamaian apapun di muka bumi ini.

Profil Penerima

A. Anzieb merupakan seorang kurator seni rupa dan peneliti lepas. Dia menyelesaikan pendidikan S1 di Fakultas Seni Rupa ISI, Yogyakarta dan Pascasarjana Ilmu Religi & Budaya (IRB), Universitas Sanata Dharma, Yogyakarta.  Anzieb banyak mengkurasi pameran tunggal dan pameran bersama sejak tahun 2000 sampai sekarang. 

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Komplek Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Jalan Jenderal Sudirman, Senayan
Jakarta Pusat, 10270
Saluran Informasi

Telepon 021 5703303/57903020 ext. 2115
Faksimili 021 57333125
Email kebudayaan@kemdikbud.go.id