📃 Biografi Tokoh Maestro Tari Zapin Meskom Muhammad Yazid

📋 Marhalim Zaini

Dokumentasi Karya/Pengetahuan Maestro
Diajukan Rp 308.000.000
Oktober - Desember 2020
Disetujui Rp 244.790.000
marhalimzaini76@gmail.com

Profil Kegiatan

Tahun 2017, Tari Zapin Meskom telah ditetapkan sebagai Warisan Budaya Tak Benda (WBTB) oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Salah seorang tokoh penari Zapin yang telah berhasil memasyarakatkan dan mengembangkan Tari Zapin Meskom ini adalah Muhammad Yazid. Di masa Yazid, Zapin Meskom dikenal masyarakat luas karena Yazid sangat tunak mewariskan dan mengajarkan ke generasi muda. Sehingga kemudian Zapin Meskom seperti mewabah dan ditetapkan pula desa Meskom, desa kelahiran Yazid ini sebagai “Kampung Zapin”. Muhammad Yazid kemudian menerima berbagai penghargaan, antara lain Anugerah Seni Tradisi dari Gubernur Riau, Anugerah Sagang, dan Anugerah Kebudayaan Republik Indonesia sebagai Maestro Tari Zapin (2010).
 

Penelitian ini akan menghasilkan sebuah buku. Penulisan buku tentang riwayat hidup dan dunia kreatif dari seorang maestro tari Zapin ini menjadi penting dilakukan mengingat belum ada penelitian serupa, padahal tokoh ini jelas telah memberikan sepenuh hidupnya untuk mengabdi di bidang seni tari. Jasa-jasanya tersebut kini masih terus dapat dilihat dengan semakin semaraknya perkembangan Tari Zapin di Riau, baik yang dibawakan seacara tradisional maupun kreasi. Hingga akhirnya membawa Tari Zapin Meskom diakui publik.

 

Penelitian ini menelusuri aktivitas maestro Yazid sejak ia mulai belajar atau berguru dengan sejumlah seniman, bagaimana ia menempatkan proses belajar dan mengembangkan tari zapin ini adalam kehidupannya sehari-hari. Kemudian bagaimana ia mulai mengajarkan dan mewariskan pula kepada keluarganya, anak-anaknya. Berlanjut bagaimana perjuangannya mengajarkan ke masyarakat di sekitar kampung di mana ia tinggal, dan dipelajari di sekolah-sekolah. Buku biografi tentang maestro tari Zapin Meskom, Muhammad Yazid, dapat dibaca oleh berbagai pihak, mulai siswa-siswa di bangku sekolah, mahasiswa, para peneliti seni, dan masyarakat umum.

Profil Penerima

SPN. Marhalim Zaini, S.Sn, M.A, lahir di desa Teluk Pambang, Bengkalis, Riau, 15 Januari 1976. Telah menerbitkan 27 buku berupa buku puisi, cerpen, novel, karya ilmiah, esai, drama, sejarah, dll.  Menamatkan perkuliahannya di Jurusan Teater Institut Seni Indonesia Yogyakarta, dan Pascasarjana Antropologi Budaya Universitas Gadjah Mada Yogyakarta. Selian menjadi dosen luar biasa di sejumlah perguruan tinggi di Riau, sejak 2017 mendirikan dan menggerakan Rumah Kreatif Suku Seni Riau. Tahun 2020, ia bersama sejumlah seniman Riau mendirikan Asosiasi Seniman Riau (ASERI) dan ditunjuk sebagai ketua umum periode 2020-2025.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Komplek Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Jalan Jenderal Sudirman, Senayan
Jakarta Pusat, 10270
Saluran Informasi

Telepon 021 5703303/57903020 ext. 2115
Faksimili 021 57333125
Email kebudayaan@kemdikbud.go.id