📃 Pencatatan Karya Maestro Tari Wahyu Santosa Prabowo: Mengolah Tubuh dalam Harmoni Beksa

📋 Kawuryansih Widowati

Dokumentasi Karya/Pengetahuan Maestro
Diajukan Rp 113.149.000
Oktober - November 2020
Disetujui Rp 113.149.000
kawuryansihwidowati@gmail.com

Profil Kegiatan

Wahyu Santosa Prabowo merupakan spirit dari kegiatan ini. Dia yang lahir pada 14 Januari 1953 adalah maestro tari Jawa. Kemampuan Wahyu sebagai penari, narasumber seminar atau pengajar telah diakui di dunia internasional. Karya tarinya seperti Bramastra, Priyambada Mustakaweni, Driasmara menjadi bahan ajar di Jurusan Tari ISI Surakarta. Wahyu juga produktif menulis, diantaranya “Karya Tari dan Karawitan Tumadah Refleksi Pengembaraan Spiritual” yang meraih penghargaan kritik seni tingkat nasional.

 

Kegiatan penelitian ini perlu karena menghasilkan dokumentasi karya dari maestro tari Wahyu Santosa Prabowo. Betapa pun karya-karya maestro senantiasa menjadi sumber pengetahuan dan inspirasi. Inilah juga yang menjadi nilai penting dalam kegiatan pencatatan karya maestro tari Wahyu Santosa Prabowo.

 

Penjabaran naskah pencatatan maestro Wahyu Santosa Prabowo dipresentasikan dalam tiga dimensi yakni eksibisi, literasi, dan perform. Pada eksibisi ada rekam jejak maestro sebagai model cover kaset pita, model cover buku, dan foto-foto lama yang memiliki nilai historis. Pada literasi ada pencatatan tentang biografi singkat, karya tari, dan pemikiran sang maestro. Pada perform ada visualisasi karya tari ciptaannya yakni Sunan Kalijaga, Driasmara, Bramastra, dan Rudrah.

Profil Penerima

Kawuryansih Widowati lahir di Karanganyar 22 April 1993. Penelitian adalah dunia yang digelutinya belakangan ini. Melalui penelitian ia belajar menggali sejarah, mengungkap pengetahuan yang terpendam, sebelum kemudian melaporkannya dalam bentuk penulisan naskah penelitian.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Komplek Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Jalan Jenderal Sudirman, Senayan
Jakarta Pusat, 10270
Saluran Informasi

Telepon 021 5703303/57903020 ext. 2115
Faksimili 021 57333125
Email kebudayaan@kemdikbud.go.id