📃 Buku “Tari Mossak Hoda - Hoda Sebuah Tarian Yang Terlupakan Di Kabupaten Samosir”

📋 Kawan Pandiangan

Dokumentasi Karya/Pengetahuan Maestro
Diajukan Rp 117.625.000
Oktober – Desember 2020
Disetujui Rp 117.625.000
kawanpandiangan04@gmail.com

Profil Kegiatan

Kegiatan ini merupakan sebuah penelitian tentang sebuah tarian daerah yang sangat langka dan masih ditemukan keberadaannya di salah satu Desa Di Kabupaten Samosir. Tarian daerah yang bersifat tradisional ini dinamakan tari mossak hoda – hoda.  Selain tarian, adapun objek yang diteliti adalah masyarakat sebagai pendukung kesenian tersebut yang berlokasi di Desa Pardomuan Kecamatan Onan Runggu. Untuk mendukung penelitian ini, maka dihadirkan para narasumber yang terdiri dari Akademisi, Budayawan, Tokoh Masyarakat, Pemerintah dan unsur lain yang relevan.

 

Penelitian berlangsung pada awal November sampai dengan Pertengahan Desember 2020. FGD (Focus Group Discussion) sebagai salah satu metode penelitian telah terlaksana pada tanggal 10 s/d 11 November 2020. Hal yang sangat mendasar dalam FGD adalah rekonstruksi dari tarian ini. Adapun projek ini dikerjakan adalah salah satu upaya dalam melestarikan budaya, menggali budaya, dan seterusnya yang tentu merupakan amanat dari undang undang dan lebih spesifik adalah undang undang tentang pemajuan Kebudayaan. Namun disisi lain adalah sebuah tanggungjawab penulis juga masyarakat dalam melestarikan budaya yang diwariskan oleh leluhur yang tak terhingga nilainya. Lokasi Peneltian difokuskan di Desa Pardomuan Kecamatan Onan Runggu Kabupaten Samosir. Projek ini dikerjakan selayaknya penelitian kebudayaan secara umum, sebagai output dari penelitian adalah dengan diterbitkannya sebuah buku. Dalam buku tersebut dijelaskan secara mendalam tentang kesenian langka ini.

Profil Penerima

Kawan Pandiangan adalah lulusan Sarjana Seni Budaya dari Fakultas Ilmu Budaya Universitas Sumatera Utara, di Samosir selain membina Sebuah Sanggar Seni Budaya, beliau aktif dalam kegiatan kebudayaan. Salah satu cita cita Kawan Pandiangan adalah mendirikan Pusat Studi Seni Budaya / Biro Kesenian di Kabupaten Samosir.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Komplek Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Jalan Jenderal Sudirman, Senayan
Jakarta Pusat, 10270
Saluran Informasi

Telepon 021 5703303/57903020 ext. 2115
Faksimili 021 57333125
Email kebudayaan@kemdikbud.go.id