📃 Film Dokumenter “JEMEK”

📋 Ihsan Kurniawan

Dokumentasi Karya/Pengetahuan Maestro
Diajukan Rp 93.361.000
9 November – 20 Desember
Disetujui Rp 93.361.000
ihsan2207@gmail.com

Profil Kegiatan

Karya ini berupa Film dokumenter yang menelusuri kisah hidup dan pengkaryaan seorang pantomimer sejati, Jemek Supardi. Penelusuran dimulai dengan arsip-arsip yang cukup banyak tersimpan, kemudian dilanjutkankan dengan berbagai cerita dari kawan-kawan, keluarga, murid dan orang-orang yang pernah bersinggungan dengan Jemek Supardi secara emosional. Kita akan mendengar kisah-kisah yang unik dan lucu dari beberapa seniman besar ataupun pelaku budaya yang ternyata adalah kawan seperjuangan Jemek Supardi. Selain itu, Jemek akan mengajak kita ke sebuah tempat dimana ia pernah membuat sebuah pertunjukan yang istimewa dan bercerita tentang karya tersebut.

 

Sepanjang film ini, selain cerita yang akan terus bergulir, arsip-arsip yang berupa Foto,Video, koran, artikel, piagam, poster dsb. akan ditampilkan untuk membawa penonton kepada masa lalu Jemek Supardi yang konon katanya berliku itu. Dalam film ini, kita akan mendengar, melihat dan juga merasakan, Jemek Supardi, seseorang yang menghidupi pantomime di Yogyakarta hingga hari ini, adalah seseorang ang terselamatkan oleh kesenian.

Profil Penerima

Ihsan Kurniawan, seorang muda yang lahir dan besar di Bukittinggi ini, berangkat ke Yogyakarta untuk melanjutkan studi di Jurusan Teater ISI Yogyakarta tahun 2015. Setelah menjalani studi selama 3 semester, ia memutuskan untuk berhenti kuliah, dan hanya melanjutkan berteater. Sejak saat itu aktif terlibat dan membuat pertunjukan teater ke berbagai daerah di Indonesia. Beberapa pertunjukan itu adalah: Aktor dalam pertunjukan Ordo Dusta Pendosa (Solo,Yogyakarta,Malang,Pekanbaru,Padang Panjang 2016,2017,2018), “Genocida & Sui Phobia” (ArtJog2017), Aktor dalam pertunjukan “NAFS” (Solo, Taman Budaya NTB 2017), Aktor dalam pertunjukan “Hari-hari Marni” (Jombang 2017) dll. Selain itu juga aktif sebagai musisi. Pada tahun 2018 ia melanjutkan studi di Jurusan Ilmu Sejarah Universitas Sanata Dharma sampai sekarang.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Komplek Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Jalan Jenderal Sudirman, Senayan
Jakarta Pusat, 10270
Saluran Informasi

Telepon 021 5703303/57903020 ext. 2115
Faksimili 021 57333125
Email kebudayaan@kemdikbud.go.id