📃 Film Dokumenter “Di Balik Lukisan Sidik Jari”

📋 I Putu Oka Sudarsana

Dokumentasi Karya/Pengetahuan Maestro
Diajukan Rp 202.005.000
21 Oktober - 20 Desember 2020
Disetujui Rp 202.005.000
mr.moviemaster@gmail.com

Profil Kegiatan

Menimbang betapa berharga dan tingginya nilai karya seni yang dihasilkan I Gusti Ngurah Gede Pemecutan, merekam perjalanan dan pencapaiannya dalam sebuah film dokumenter menjadi sangat penting. Saat ini tidak ada satupun film dokumenter yang secara menyeluruh mengabadikan keagungan karya dan kisah berkeseniannya. Upaya untuk melindungi aset berharga bangsa Indonesia ini harus segera dilakukan, terlebih saat ini sang maestro terbilang masih mampu untuk menyampaikan kisahnya. 

 

Arsip digital ini nantinya tidak hanya bermanfaat untuk masyarakat Bali, melainkan lebih jauh akan memperkaya khazanah kesenian Indonesia dan dunia. Penting pula bagi Indonesia sebagai wujud penghargaan dan kepedulian pada pencapaian seni putra bangsa. Warisan intelektual ini akan dapat pula disaksikan oleh sekian generasi, bahkan sampai beratus tahun ke depan, baik sebagai media pembelajaran maupun sumber inspirasi. Mendokumentasikan pengetahuan dan karya sang maestro begitu vital untuk keberlanjutan kebudayaan Indonesia.  

 

Film ini diproduksi oleh Traxvideo bekerjasama dengan Film Sarad dengan masa waktu produksi 3 bulan dari bulan Oktober 2020 sampai dengan Desember 2020. Semua produksi dilakukan di pulau Bali. 

Profil Penerima

I Putu Oka Sudarsana lahir dan dibesarkan di Denpasar pada tanggal 3 April 1988. Oka pernah kuliah di bidang Animasi di New Media Interactive and Computer College. Kemudian setelah lulus Oka memutuskan memulai karir di dunia broadcast dan kreatif, dimulai bekerja di Dewata TV, MNC TV dan Bali Radio. Oka juga mendalami ranah dunia film, dengan beberapa genre baik di dokumenter ataupun fiksi. Film - filmnya yang digarapnya telah meraih beberapa pengakuan dan penghargaan, baik lokal (seperti Gramedia, Denpasar Film Festival, nasional maupun internasional (Thai Short Film Video, Balinale, dll) dengan pemutaran di film festival Asia Tenggara dan Eropa.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Komplek Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Jalan Jenderal Sudirman, Senayan
Jakarta Pusat, 10270
Saluran Informasi

Telepon 021 5703303/57903020 ext. 2115
Faksimili 021 57333125
Email kebudayaan@kemdikbud.go.id