📃 I Gusti Made Deblog: Master Seni Lukis Naturalis Dan Medan Seni Rupa Denpasar-Bali

📋 I Dewa Gede Purwita (Komunitas Gurat Institute)

Dokumentasi Karya/Pengetahuan Maestro
Diajukan Rp 349.880.000
10 Nopember – 20 Desember 2020
Disetujui Rp 349.880.000
guratinstitute.13@gmail.com

Profil Kegiatan

Program ini meneliti dan mengkaji seniman maestro seni lukis I Gusti Made Deblog (1906-1986) dan pencapaian estetika karya, melalui sosoknya juga ditelusuri posisi Denpasar sebagai medan dan arus perkembangan awal seni rupa Bali. Penelitian ini telah dilakukan dari tahun 2014 oleh tim Komunitas Gurat Institute dengan mengumpulkan data berupa foto karya juga wawancara terhadap sumber primer yaitu keluarga di rumahnya yang berlokasi di Jeroan Tainsiat, Denpasar, selain itu melakukan pengumpulan data melalui dokumentasi karya dan wawancara dengan sumber skunder berupa kolektor, pemilik museum, maupun periset dalam dan luar negeri. Dalam pelaksanaan FBK 2020 ternyata masih banyak sumber-sumber baru yang mucul kepermukaan yang sebelumnya luput dari pengumpulan data. 

 

Luaran penelitian ini diwujudkan dalam bentuk buku print-out full colour yang berjudul I Gusti Made Deblog: Master Seni Lukis Naturalis Dan Medan Seni Rupa Denpasar-Bali, Film Dokumenter berjudul I Gusti Made Deblog Documentary, publikasi online pameran audio visual berjudul Deblog Legacy menampilkan karya Deblog yang dikurasi oleh kurator dan webinar dalam 3 seri yaitu (1) Workshop Sejarah Seni Rupa Bali #1 pembicara Dr. Nyoman Wijaya; (2) Workshop Sejarah Seni Rupa Bali #2 pembicara Prof. Adrian Vickers; (3) Webinar Dokumentasi Maestro pembicara I Wayan Seriyoga Parta, Dewa Gede Purwita, I Made Susanta Dwitanaya.

Profil Penerima

Komunitas Gurat Institute, adalah lembaga independen yang dibentuk oleh penulis, seniman dan peneliti seni rupa berbasis di Denpasar-Bali. Lembaga ini menitik beratkan pada program riset, dokumentasi, pengkajian dan pengembangan kebudayaan (visual culture), melalui presentasi hasil penelitian, gelaran event seni rupa dan karya-karya kolaboratif yang melibatkan lintas seniman. Guna menggali, mengenali dan mengangkat potensi warisan dan nilai-nilai sejarah kebudayaan dan seni rupa Bali, sebagai landasan konseptual bagi pengembangan serta kreativitas alih kreasi dalam konteks kebudayaan kontemporer yang lebih luas.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Komplek Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Jalan Jenderal Sudirman, Senayan
Jakarta Pusat, 10270
Saluran Informasi

Telepon 021 5703303/57903020 ext. 2115
Faksimili 021 57333125
Email kebudayaan@kemdikbud.go.id