📃 Dokumentasi Sejarah Musik Populer Indonesia

📋 Hengki Herwanto (Yayasan Museum Musik Indonesia)

Dokumentasi Karya/Pengetahuan Maestro
Diajukan Rp 121.604.000
November - Desember 2020
Disetujui Rp 121.604.000
museummusikindonesia@yahoo.co.id

Profil Kegiatan

Keberadaan dokumentasi sejarah musik di Indonesia saat ini tersebar pada berbagai buku dan karya ilmiah yang pernah ditulis oleh ahlinya. Sedang karya musiknya terdokumentasi dalam rekaman dengan bentuk fisik berupa piringan hitam, kaset, CD dan sebagainya. Dokumen lain yang menggambarkan bagaimana perkembangan seni musik di masyarakat juga terdapat pada tulisan-tulisan yang bertebaran di berbagai media masa. Dokumen tersebut tentu belum terintegrasi dalam sebuah sistem pendataan yang terpadu. Museum Musik Indonesia (MMI) mengamati bahwa tulisan, foto, ilustrasi yang terdapat pada media masa yang pernah terbit di Indonesia, khususnya majalah, perlu dilestarikan agar sejarah musik di Indonesia tetap terjaga dan terpelihara dengan baik.

 

Kegiatan dimulai dengan mengumpulkan 200 majalah musik yang terbit di Indonesia tahun 1967 sampai 1980. Selanjutnya setiap halaman majalah di scan, dilengkapi daftar isi dan digabungkan dalam satu file pdf. Setelah dilakukan verifikasi kualitas visual dan akurasi daftar isi, dokument tersebut akan diposting ke website MMI untuk dapat diakses masyarakat. Guna melengkapi kegiatan ini, akan dibuat dokumentasi fisik berupa “Buku Katalog Sejarah Musik di Indonesia” yang dicetak sebanyak 20 buah. Kegiatan terakhir yang dilakukan adalah mengadakan jumpa pers agar kegiatan pendokumentasian Sejarah Musik ini dapat diinformasikan kepada masyarakat.

Profil Penerima

Tahun 2009 berdiri Galeri Malang Bernyanyi yang kemudian bertransformasi menjadi Museum Musik Indonesia (MMI) pada tahun 2016. Sebagian besar koleksinya bersumber dari sumbangan masyarakat. Tahun 2020 MMI memperoleh sertifikat sebagai Museum Tipe B dari Kemendikbud. Penghargaan sejenis juga diberikan oleh Perpusnas RI. Saat ini MMI mulai mendigitalisasi koleksinya agar mudah diakses masyarakat.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Komplek Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Jalan Jenderal Sudirman, Senayan
Jakarta Pusat, 10270
Saluran Informasi

Telepon 021 5703303/57903020 ext. 2115
Faksimili 021 57333125
Email kebudayaan@kemdikbud.go.id