📃 Film Dokumenter Sang Maestro (Penabuh Genderang Harmoni)

📋 Arman Dewarti

Dokumentasi Karya/Pengetahuan Maestro
Diajukan Rp 100.629.000
September - Desember 2020
Disetujui Rp 100.629.000
armandewarti17@gmail.com

Profil Kegiatan

Serang Dakko (81 tahun) seorang maestro gendang di Sulawesi Selatan. Menggeluti gendang sejak usia Sembilan tahun. Belajar dari ayahnya dan kakeknya yang bermain untuk kalangan Istana Gowa. Dia adalah sosok seniman kelas dunia yang keterampilannya menabuh gendang sangat langka. Dia seperti arsip hidup untuk musik-musik kuno yang sudah jarang sekali ada di dunia.

 

Serang Dakko tidak cuma piawai menabuh gendang tradisi Makassar. Tapi dia juga mahir dan cekatan membuat gendang. Pengalamannya bermain di berbagai pentas, mulai dari tingkat kampung hingga mancanegara, membuatnya pantas mendapat gelar Maestro. Itulah sebabnya Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata menganugerahinya gelar tersebut pada 2007. Serang Dakko tak besar kepala. Tetap saja ia meladeni undangan sunatan, pernikahan, dan acara-acara lain. Kini dia hidup dan menghidupi keluarga dengan keahliannya pada seni tradisional khususnya gendang. Di rumahnya di kawasan Benteng Somba Opu, dia membuka sebuah padepokan yang bernama Sanggar Alam. Dia mengajari beberapa mahasiswa untuk menari dan bermain gendang.

 

Memfilmkan Serang Dakko adalah sebuah langkah nyata dalam melestarikan pengetahuan Maestro Seni Tradisional. Film Dokumenter ini berjudul: Sang Maestro (penabuh genderang harmoni). Berdurasi 64 menit.

Profil Penerima

Arman Dewarti, Lahir di Bone – Sulawesi Selatan 17 februari 1967. Menyelesaikan pendidikan terakhir di Institut Kesenian Makassar Program Studi Film dan Televisi. Di tahun 2017, Arman Dewarti dinominasikan lagi sebagai the best supporting actor pada Asean International Film Festival and Award. Di tahun yang sama juga menjadi nominasi aktor pemeran pembantu terbaik pada Piala Maya. Kini, Arman Dewarti bekerja sebagai aktor, penulis, sutradara dan produser film.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Komplek Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Jalan Jenderal Sudirman, Senayan
Jakarta Pusat, 10270
Saluran Informasi

Telepon 021 5703303/57903020 ext. 2115
Faksimili 021 57333125
Email kebudayaan@kemdikbud.go.id