📃 Wayang Ukur Sukasman dalam Platform Daring

📋 Yayasan Wayang Ukur Sukasman

Dokumentasi Karya/Pengetahuan Maestro
Diajukan Rp 749.400.000
Disetujui Rp 749.400.000
wayangukursukasman@gmail.com

Profil Kegiatan

Ki Sukasman adalah maestro pencipta Wayang Ukur. Ia tidak sekedar mencipta ulang Wayang Kulit Purwa dengan pendekatan baru, tapi juga memberi nilai tambah pada segi seni rupa dan  seni pertunjukannya. Sebagai pribadi sederhana yang giat bekerja keras, hingga akhir hidupnya (29 Oktober 2009), Ki Sukasman mewariskan lebih dari 5000 disain gambar Wayang Ukur, 700 lebih karya Wayang Ukur, puluhan relief wayang dan patung, ratusan asesoris tari wayang orang, dan bertumpuk catatan proses kreatif dan pemikirannya yang kondisinya kini makin usang ditelan waktu. Maka jika tidak segera diambil tindakan untuk merawat dan memberdayakannya, kita akan kehilangan warisan berharga yang telah ditinggalkannya. Oleh karena itu Yayasan Wayang Ukur Sukasman merancang project kegiatan ini dengan tujuan untuk  mendokumentasikan dan mengkaji Arsip dan Karya Wayang Ukur Sukasman, supaya pengetahuan yang tersimpan didalamnya dapat diekstrak dan ditularkan kepada generasi muda yang kreatif melalui kegiatan workshop, pameran. dan pementasan.

 

Dalam pelaksanaan project ini kami melibatkan generasi muda untuk belajar bersama menggali pengetahuan yang telah diwariskan Ki Sukasman bersama rekan-rekan sejawadnya. Hingga project ini berakhir kami telah mewawancarai 53 narasumber, mendokumentasikan dan mengalihmediakan 521 karya wayang, 607 karya sketsa, 123 asesoris pakaian tari, 33 karya relief, 4 karya patung, dan 2496 arsip/ dokumen/ foto/ kliping catatan pikiran/naskah pementasan. Selain itu kami juga menghasilkan satu karya baru pementasan Wayang Ukur setelah melalui serangkaian workshop yang intens. Sebagian hasil pendokumentasian dan karya pementasan Wayang Ukur yang dihasilkan dalam project ini dapat dilihat pada www.wayangukur.org

Profil Penerima

Yayasan Wayang Ukur Sukasman berdiri pada 15 Febuari 2018. Lembaga ini didirikan dengan tujuan untuk merawat dan mengembangkan Wayang Ukur warisan Sukasman supaya dapat bermanfaat bagi kepentingan publik. Dengan mewarisi semangat eksplorasi lintas disiplin, Yayasan Wayang Ukur Sukasman bermitra dengan individu dan komunitas yang berkomitmen untuk mengembangkan wayang sebagai media ekspresi yang inspiratif, menghibur dan mendidik.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Komplek Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Jalan Jenderal Sudirman, Senayan
Jakarta Pusat, 10270
Saluran Informasi

Telepon 021 5703303/57903020 ext. 2115
Faksimili 021 57333125
Email kebudayaan@kemdikbud.go.id