📃 Pendokumentasian Karya Maestro Seni Serat Indonesia

📋 Erma Dyah Christiana Retang

Dokumentasi Karya/Pengetahuan Maestro
Diajukan Rp 433.805.000
November – Desember 2020
Disetujui Rp 222.145.000
erma.retang@gmail.com

Profil Kegiatan

Karya ini berupa buku dan video panduan pembuatan tapestri dasar yang diluncurkan dalam bentuk temu wicara dan pelatihan tapestri dasar. Buku dan video panduan diditribusikan secara gratis pada pegiat seni rupa (khususnya tekstil tradisional), guru dan siswa Sekolah Menengah Kejuruan Kria dan atau Tekstil, Mahasiswa Seni Rupa jurusan Kria dan Desain Tekstil serta masyarakat luas yang membutuhkan. Pelatihan pembuatan tapestri dasar melibatkan siswa dan guru Sekolah Menengah Kejuruan Kria dan Tekstil, Dosen dan Mahasiswa Seni Rupa Jurusan Kria Tekstil, anggota PKK kabupaten Sidoarjo dan masyarakat yang menghendaki.

 

Penggabungan pengetahuan dan Teknologi seni serat berlatar belakang kebudayaan Barat dan Tradisional Indonesia yang dilakukan sang Maestro dapat dilindungi, dilestarikan dan disebar luaskan melalui buku, video panduan dan pelatihan pembuatan tapestri dasar. Disamping itu, tingginya nilai ekonomis seni serat (khususnya tapestri) mampu digunakan sebagai sarana pengembangan ekonomi kreatif masyarakat.

 

Profil Penerima

Erma Dyah Christiana Retang pengamat kebudayaan  dan pendiri Lembaga Kebudayaan Gapura Budhaya, koordinator Tim Penyusun Pokok Pikiran Kebudayaan Daerah Kabupaten Ponorogo – Jawa Timur. Mengenal dengan baik Maestro Seni Serat Indonesia, saat membantu pelaksanaan Pameran Seni Serat Tunggal ‘Serat Jiwa’: 40 Tahun Perjalanan Karya Biranul Anas Zaman tahun 2019.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Komplek Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Jalan Jenderal Sudirman, Senayan
Jakarta Pusat, 10270
Saluran Informasi

Telepon 021 5703303/57903020 ext. 2115
Faksimili 021 57333125
Email kebudayaan@kemdikbud.go.id